Jumat, 29 Mei 2015 | 06:40 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 3979

KEJU KAMBING ETAWA SENDURO INOVASI PRODUK LUMAJANG


keju kambing senduro
Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas peternakan terus memotivasi peternak dalam menghasilkan ternak dan produk ternak berkualitas. Bahkan diharapkan peteranakan sapi dan kambing di Kabupaten Lumajang dapat menyuplai kebutuhan daging nasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kontes ternak 2015  yang diselenggarakan di lapangan GOR Wirabhakti Lumajang.

Dalam acara Kontes Ternak yang digelar pada Senin (25/05/2015), masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Ternak dari 21 Kecamatan berkumpul untuk menyemarakkan even tahunan tersebut. Meskipun ada tiga kategori yang dilombakan, yakni untuk komoditi sapi, kambing dan domba unggulan, namun Kelompok Pecinta Kelinci (KPK), dan Pecinta Kucing ikut serta dalam memeriahkan acara tersebut.

Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag sangat memberikan perhatian terhadap geliat peternak Kambing Etawa Senduro. Selain  menggelar kontes Ternak setiap tahunnya, Ia juga meminta Kepala Dinas Peternakan Drh. Gatot Subijantoro untuk melakukan pendampingan dan menggiatkan kelompok ternak binaannya. Harapannya, ekonomi masyarakat petani ternak yang ada di Kabupaten Lumajang semakin meningkat.

Selain kontes ternak dan pameran hewan kesayangan, produk hasil peternakan juga ikut tersaji pada even tersebut. Produk olahan yang ramai dikunjungi dan menjadi perhatian masyarakat adalah  yakni susu dan keju Kambing Etawa Senduro. Disamping merupakan produk unggulan Kabupaten Lumajang, masyarakat yang hadir bisa langsung mengkonsumsi keju hasil inovasi produk susu kambing senduro tersebut.

Bupati As’at juga menginginkan agar ada inovasi-inovasi terhadap hasil produk yang dihasilkan dari hewan ternak. selain mencukupi kebutuhan pangan asal hewani untuk masyarakat sendiri, diharapkan dapat  mencukupi daerah disekitar Kabupaten Lumajang. Dengan dilakukannya inovasi pengembangan produk maka harapannya akan membuka pasar yang dapat menjadi peluang yang besar bagi peternak dan akan menambah kesejahteraan masyarakat Lumajang.
Sumber: DISNAK JATIM