Selasa, 29 Agustus 2017 | 08:09 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 468

BAZAR TERNAK QURBAN DISNAK JATIM SEBAGAI SARANA EDUKASI MASYARAKAT


BAZAR 2017 EDUKASI


Pemotongan ternak qurban erat hubungannya dengan keimanan dan ketaqwaan bagi umat islam yang mampu. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat perlu memilih ternak qurban yang tepat dan benar. Untuk memenuhi keperluan ternak potong kualitas qurban, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur turut berperan serta aktif dalam mempersiapkan penyediaan ternak siap potong yang memenuhi persyaratan. Salah satunya adalah dengan kegiatan Bazar  Ternak Qurban.    

Bazar Ternak Qurban Disnak Jatim tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 28 sampai dengan 31 Agustus 2017. Berlokasi di halaman dan tempat parkir Disnak Jatim, bazar diikuti oleh beberapa pedagang dari Surabaya dan sekitarnya. Sebanyak 34 ekor sapi dan 170 kambing disediakan oleh pedagang selama bazar.

Bazar Ternak Qurban dibuka oleh Plt.Kepala Disnak Jatim, Dr.Ir.H.Abdul Hamid, MP. Dalam sambutannya, dijelaskan bahwa kegiatan bazar tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang  penjualan ternak qurban yang sesuai dengan prinsip kesejahteraan hewan dan cara penjualan yang menggunakan sistem timbang badan. Karena selama bazar, disediakan tenda peneduh bagi ternak sebanyak 10 tenda, tersedia cukup pakan dan minum, serta sanitasi yang baik. Sehingga masyarakat konsumen mendapatkan hasil ternak kurban yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Setiap ternak kurban yang terjual akan mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), sehingga mencegah terjadinya penyakit zoonosis.

Selain memberikan fasilitas fisik seperti tempat, tenda, timbangan, dalam  bazar ternak qurban ini juga ditugaskan  dokter hewan di Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur yang akan melaksanakan pengawasan sebagai upaya untuk memberikan contoh pelaksanaan penjualan ternak qurban yang sesuai dengan prinsip kesejahteraan hewan (kesrawan).  Hal ini sesuai dengan Undang – Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan nomor 41 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah nomor 95 tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dan Kesejahteraan Hewan. Dalam penerapannya ternak harus bebas dari rasa lapar, haus dan malnutrisi; bebas dari ketidaknyamanan; bebas dari rasa takut dan tertekan; bebas dari rasa sakit, luka dan penyakit; bebas untuk mengekspresikan pola perilaku normal.

Ketersediaan dan kebutuhan ternak potong (sapi, kambing, domba) di Jawa Timur selain untuk keperluan pemotongan harian, juga untuk memenuhi keperluan kurban serta memenuhi kebutuhan daerah (provinsi) lain. Dijelaskan Plt Kadisnak bahwa untuk tahun ini ketersediaan ternak potong di Jawa Timur cukup dan masih terdapat stok yang tersedia. Diperkirakan kebutuhan di Jawa Timur untuk Idul Adha tahun ini adalah sapi potong sebanyak 53.019 ekor, kambing 127.292 ekor dan domba 53.261 ekor. Jumlah tersebut adalah hasil perhitungan dari realisasi pemotongan ternak kurban  dalam kurun waktu dua tahun terakhir.  Untuk kebutuhan sapi potong meningkat sebesar 11,6 %, kambing meningkat 0,08 %, sedangkan domba mengalami penurunan.

 

Sumber: DISNAK JATIM