Selasa, 19 Desember 2017 | 09:11 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 569

RAKORTEKNAS II Tahun 2017


RAKORTEKNAS II Tahun 2017

     Pada hari Senin s/d Selasa, 11-12 Desember 2017 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Republik Indonesia, menyelenggarakan RAKORTEKNAS II Tahun 2017 di hotel JW Marriot Surabaya. Acara tersebut dihadiri kurang lebih 430 peserta dari seluruh Indonesia dan dibuka oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Republik Indonesia Bapak Drh. I Ketut Diarmita, MP. 

     Tema dari RAKORTEKNAS II Tahun 2017 yaitu "Siwab Berjaya Peternak Bahagia", dimana dalam pertemuan tersebut dilakukan evaluasi program dan kegiatan tahun anggaran 2017 di lingkungan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Republik Indonesia dan evaluasi program upaya khusus sapi indukan wajib bunting tahun 2017. Dalam pertemuan tersebut juga mensosialisasikan pedoman umum pelaksanaan Upsus Siwab tahun 2018 dikarenakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Republik Indonesia masih fokus pada program Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) untuk swasembada pemenuhan kebutuhan konsumsi daging bagi masyarakat Indonesia serta meningkatkan populasi sapi di Indonesia.

    Jawa Timur merupakan salah satu penyumbang populasi terbesar tingkat nasional dan target dalam kegiatan Upsus Siwab lebih besar dari provinsi lain. Menurut Bapak Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum, Jawa Timur dalam kegiatan Upsus Siwab 2017 sukses memenuhi target yang diberikan. Bapak Gubernur juga memberikan wacana atau usulan kepada Bapak Dirjen PKH dan Sesditjen PKH Kementrian Pertanian Republik Indonesia untuk sama-sama membuat kesepakatan dengan BPS merubah nilai tukar peternak yang seharusnya nilai tukar peternak itu berdasarkan daging bukan berdasarkan 1 ekor sapi, sehingga nilai tukar peternak lebih tinggi yang selama ini masih rendah.

     Dalam kegiatan RAKORTEKNAS II Tahun 2017 juga memberikan penghargaan atas prestasinya kepada Dinas yang membidangi Peternakan dan Kesehatan Hewan seluruh Provinsi di Indonesia. Pada penghargaan tersebut Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur  mendapatkan penghargaan Juara III kategori IB Wilayah Intensif yang di terima langsung oleh Ibu Kepala Dinas Drh. WEMMI NIAMAWATI, MMA. Semoga tahun-tahun selanjutnya Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur lebih berprestasi dan sukses selalu.

Sumber: DISNAK JATIM