Rabu, 29 Agustus 2018 | 21:42 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 302

PESERTA LOMBA KARYA TULIS WARTAWAN (LKTW) 2018 POKJA JAWA TIMUR MENYAKSIKAN PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN (PKB) DAN INSEMINASI BUATAN (IB) DI KABUPATEN MALANG


PKB dan IB secara Masal di Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang

Rabu, 29 Agustus 2018 di Desa Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang peserta Lomba Karya Tulis Wartawan (LKTW) 2018 Pokja Jawa Timur menyaksikan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dan Inseminasi Buatan (IB) oleh petugas IB Kabupaten Malang serta dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur secara masal sebagai salah satu program UPSUS SIWAB.

Peserta LKTW 2018 Pokja Jawa Timur begitu antusias dalam mewancarai para petugas IB dan para peternak sebagai bahan dalam karya tulisnya. Kepada petugas IB peserta lomba karya tulis banyak yang bertanya ciri-ciri sapi yang siap untuk di Inseminasi Buatan (IB) serta kepada para peternak bagimana perasaan mereka tentang program Inseminasi Buatan (IB) secara gratis dari Pemerintah.

Dari petugas IB menerangkan bangaimana kondisi sapi yang birahi dan siap di Inseminasi Buatan (IB) seperti :

  1. Sapi betina yang sering gelisah
  2. Sering berteriak ( dalam bahasa jawa bengah )
  3. Suka menaiki dan dinaiki sesamanya
  4. Vulva : kondisinya bengkak, berwarna merah, bila diraba terasa hangat ( dalam bahasa jawa 3 A : Abang, Abuh dan Anget )
  5. Dari Vulva keluar lendir yang bening dan tidak berwarna
  6. Nafsu makan berkurang
  7. Jika dipalpasi perektal maka uterus terasa kontraksi, tegang, mengeras dengan permukaan tidak rata, cervik relaksasi dan pada ovarium terdapat folikel de graaf yang membesar dan sudah matang.

Sedangkan para peternak yang di wawancarai oleh peserta LKTW 2018 Pokja Jawa Timur merasa senang jika ada program Inseminasi Buatan (IB) secara gratis dari program pemerintah. Para peternak merasa banyak dibantu dalam program IB gratis ini sehingga ada keinginan peternak untuk terus digratiskan dari pemerintah. Sapi anakan dari IB gratis ini menurut peternak sangat bagus dan sehat serta harga jual sangat tinggi.

Sumber: DISNAK JATIM