Jumat, 6 Desember 2019 | 11:31 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 228

Gubernur Khofifah Ingin Jawa Timur Mampu Swasembada Hingga Ekspor Daging Lima Tahun ke Depan


khofifah kunjungan bbib

Kamis (5/12/2019), Gubenur Jawa Timur, Khofifah bersama dengan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, drh. Wemmi Niamawati, MMA lakukan kunjungan ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari. Dalam kunjungan ini, Khofifah meninjau sapi-sapi potong mulai jenis limosin hingga simental dan juga meninjau bagaimana proses pengambilan sperma sapi potong.

Karena capaian inseminasi buatan Jawa Timur yang sudah melebihi target Kementrian Pertanian, sejumlah provinsi produsen sapi seperti NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Barat akan belajar inseminasi sapi potong di Jawa Timur.  

Dalam empat hingga lima tahun ke depan, Khofifah optimis Jawa Timur mampu Swasembada daging dan di tahun kelima, khofifah ini Jawa Timur bisa mengekspor produksi dagingnya.

“Nah, kalau keinginan swasembada daging itu bisa disupport oleh maksimalisasi dari peternak-peternak sapi kemudian dilakukan pendampingan dan teknologi inseminasi buatan dari BBIB seperti di Singosari ini harusnya kita bisa menghitung. Paling tidak, katakanlah empat hingga lima tahun ke depan kita betul-betul sudah bisa swasembada daging bahkan tahun kelima sudah bisa ekspor daging” ucap Khofifah optimis.

Sumber: DISNAK JATIM