Selasa, 29 September 2020 | 17:54 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 90

Peringati Hari Rabies Sedunia, RSH Disnak Jatim Berikan Layanan Kesehatan Hewan Gratis


WRD 1

World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tanggal 28 September. Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur melalui Rumah Sakit Hewan (RSH) Disnak Jatim turut merayakan Hari Rabies Sedunia dengan memberikan pelayanan kesehatan hewan gratis. Tentunya, protokol kesehatan covid19 selalu diterapkan selama pelayanan dilakukan. Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis yang dilaksanakan pada Senin (28/9/2020) diberikan kepada 30 ekor hewan kesayangan, diantaranya 28 ekor kucing, 1 ekor anjing dan 1 ekor kelinci.

 

Hari Rabies Sedunia mulai diselenggarakan pada tahun 2007. Hari Rabies Sedunia, adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 september setiap tahunnya . Peringatan Hari Rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies. Tujuan yang ingin dicapai oleh kampanye ini adalah menjadikan dunia bebas dari penyakit rabies pada tahun 2030.

Virus penyebab rabies ditularkan oleh anjing melalui gigitan, cakaran, atau air liur. Namun, terdapat pula hewan lain yang dapat membawa virus rabies dan menularkannya ke manusia, seperti kucing, kera, musang, bahkan kelinci.  Dengan memberikan Vaksinasi dan pemeriksaan rutin, mampu mencegah penularan rabies.

 

“Kolaborasi Berkualitas, Vaksinasi Tuntas, Rabies Bebas”

Sumber: DISNAK JATIM