Kamis, 31 Desember 2020 | 23:15 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 158

Pelepasan Ekspor Domba 2020


ekspor domba 1

Senin (21/12/2020), Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Drh. Wemmi Niamawati MMA, mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofidah Indar Parawansa, dalam acara pelepasan ekspor 2000 Domba ke Brunei Darussalam.  Total nilai ekspor domba tersebut mencapai Rp.2,2 miliar.

Domba yang diekspor tersebut berasal dari Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari (ICB) Surabaya. Koperasi Peternak ICB ini memberdayakan kaum perempuan dalam proses ternak domba karen pakan domba ini berupa konsentrat sehingga memudahkan dalam proses perawatannya.

Bertempat di Kargo Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Gubernur Khofifah mengatakan

"Ekspor ini merupakan prestasi luar biasa dimana koperasi peternak dari Jatim mampu menembus pasar internasional. Terlebih sudah ada permintaan dari beberapa negara lain khususnya Timur Tengah,”

Gubernur Khofifah berharap kedepannya kegiatan ekspor di sektor pertanian terus meningkat.  

“Ini merupakan usaha yang luar biasa dari koperasi jasa peternakan. Dan kami mengucapkan terima kasih terutama dari Balai Besar Karantina Pertanian dan instansi yang terkait dengan mendukung ekspor ini. Semoga dengan pasar ekspor yang bagus mampu menambah perekonomian rakyat.” Ujar Gubernur Khofiah.

 

 

Di masa pandemi covid19, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang masih bertahan, bahkan dari data Badan Pusat Statistik, sektor pertanian mampu tumbuh 9,23% pada triwulan kedua dan 7,12 % pada triwulan ketiga di tahun 2020 . Oleh sebab itu, sektor pertanian terus meningkatkan performa kinerjanya dengan meningkatkan ekspor dari tahun ke tahun.

Sumber: DISNAK JATIM