Selasa, 3 Mei 2011 | 10:46 WIB | Penulis : Web Admin

Dibaca : 621

KELOMPOK PETERNAK ”MEKAR SARI” BOJONEGORO

  Pada tanggal 02 Mei  2005, berdirilah Kelompok peternak yang diberi nama “MEKAR SARI” dengan jumlah anggota awal 25 orang dan diketuai oleh  H.Pamudji. Semenjak berdirinya kelompok tersebut semakin menunjukkan kemajuan dan peningkatannya, antara lain telah mengikuti kegiatan-kegiatan:

1.    Penyuluhan dan latihan telah dibudayakan

2.    Gerakan vaksinasi dan kesehatan hewan yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro.

3.    Kursus dan karya wisata ke peternakan sapi potong di Kabupaten Pasuruan

4.    Lomba Kelompok peternak sapi potong di tingkat Kabupaten maupun tingkat  Provinsi Jawa Timur.

  Berkembangnya usaha ternak sapi potong tersebut menimbulkan keinginan untuk mencari terobosan dalam usahanya dan pada tahun 2008 telah mendapatkan bantuan melalui Proyek KKPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Ekonomi) sebesar Rp. 400.000.000,-. Dana bantuan tersebut digunakan untuk pembelian sapi bakalan dan sarana prasarana untuk menunjang kemajuan kelompok sehingga dapat berkembang dengan pesat. Karena berkembang dengan baik maka Kelompok peternak Mekar Sari berani mengikuti ajang kompetisi lomba kelompok ternak tingkat Provinsi.

  Dengan berhasilnya Kelompok peternak “Mekar Sari” meraih predikat pertama dalam lomba Kelompok peternak berbasis Agribisnis tingkat provinsi, maka kelompok tani “Mekar Sari” dapat memacu semangat dan memotivasi seluruh anggotanya dalam meningkatkan  kegiatannya. Anggota Kelompok peternak “Mekar Sari” saat ini sudah dapat menikmati hasil usaha ternak sapi potong diantaranya :

a.    Pembagian hasil penjualan sapi jantan 70%  untuk pemelihara dan 30% untuk kelompok, pembagian hasil pemeliharaan sapi betina dengan sistem kredit dengan jangka waktu 2,5 tahun , bunga 1 % perbulan.

b.    Simpan pinjam dengan modal Rp. 25.000.000,- (dua pujuh lima juta rupiah) dan kios dengan produk penjualan obat-obatan.

c.    Sudah terbentuk koperasi Kelompok peternak

d.    Sudah dibangun Sekretariat dan ruang Aula untuk pertemuan.

  Dengan pengelolaan yang baik kegiatan kelompok semakin lama semakin berkembang pesat sehingga oleh Bapak Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2008 dipercaya untuk mewakili Kelompok peternak menerima kunjungan Bapak Menteri Pertanian. Dengan kepercayaan yang diberikan ini, maka dapat menghantar Kabupaten Bojonegoro meraih penghargaan Daerah potensi Peternakan.

  Pada tahun 2009 kelompok ini dipercaya oleh Dinas Peternakan untuk mengikuti lomba Kelompok peternak Berbasis Agribisnis Peternakan Tingkat Propinsi , atas kepercayaannya ini dapat menghantarkan Kabupaten Bojonegoro meraih kejuaraan tingkat Propinsi.

  Pada tahun 2010 kelompok yang diketuai oleh H. Pamudji ini juga dipercaya oleh Dinas Peternakan Jawa Timur untuk mengikuti lomba Kelompok peternak Berbasis Agribisnis Peternakan Tingkat Nasional

  Selain beternak sumber mata pencaharian penduduk desa Dander adalah petani dan buruh tani. Rata-rata kepemilikan lahan pertanian penduduk desa adalah 0,445 Ha. Lahan pertanian yang ada biasanya ditanami dengan jagung, pada palawija dan rumput gajah, sedangkan pekarangan digunakan untuk kolam ikan, mangga dan tanaman lainnya.  

  Untuk limbah padi dan polowijo dapat dimanfaatkan untuk pakan sapi berupa jerami, tebon maupun katul, dengan demikian para peternak sapi di desa Dander tidak pernah mengalami kesulitan untuk memperoleh bahan baku ternak sapi karena para peternak mampu memproduksi pakan ternak dengan cara mengawetkan jerami dengan sistem fermentasi.

  Pada awal berdirinya jumlah anggota Kelompok peternak “Mekar Sari” sebanyak 20 orang, namun pada tahun selanjutnya jumlah anggota semakin bertambah  banyak hingga sekarang menjadi 25 orang anggota dengan ditambah 100 orang binaan yang tersebar pada beberapa Kelompok peternak  sapi potong di desa sekitarnya.  


1.    Kegiatan-kegiatan yang pernah diikuti oleh kelompok di tingkat desa, kecamatan, kabupaten maupun propinsi, antara lain :

-    Pelatihan peternak sapi potong tingkat kabupaten          tahun 2005

-    Pelatihan peternak sapi potong tingkat kabupaten          tahun 2006

-    Pelatihan peternak sapi potong tingkat kabupaten          tahun 2007

-    Menerima kunjungan team penilai lomba desa juara 1 kab tahun 2008

-    Menerima kunjungan Bupati menggali potensi daerah   tahun 2008

-    Menerima kunjungan anggota DPRD kab.Sorong Papua tahun 2008

-    Menerima kunjungan menteri pertanian dan peternakan bpk AntonApriantodalam kunjungan kerja tahun  2008.

-    Memberikan presentasi pengembangan sapi potong di kabupaten Bojonegoro kerjasama dengan Bank Jatim  tahun 2009

-    Memberikan presentasi pengembangan sapi potong di kabupaten bojonegoro kerjasama dengan Bank  BNI  tahun 2009

-    Memberikan presentasi pengembangan sapi potong di kabupaten Bojonegoro kerjasama dengan KODIM Bojonegoro  tahun 2009

-    Menerima Kunjungan Kesekretariatan Kepresidenan RI

          

2.    Penghargaan yang pernah diterima , antara lain :

-    Kelompok peternak Unggulan kab. Bojonegoro  tahun 2008

-    Kelompok peternak Terbaik ( Juara 1 )Tingkat Kabupaten Bojonegoro Tahun 2009

-    Kelompok peternak Terbaik ( Juara 1 ) Tingkat Jawa Timur Tahun 2009


  Dalam menunjang program kerja kelompok, Kelompok peternak “Mekar Sari” telah mengadakan pertemuan kelompok setiap 1 (satu) bulan sekali tanggal 25 yang diikuti semua pengurus dan anggota kelompok. Pertemuan kelompok diisi berbagai kegiatan antara lain Arisan, kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan usaha peternakan misalnya penanaman rumput gajah (king grass), pembuatan fermentasi jerami, pembenahan administrasi, pembuatan bokasi dll.

  Administrasi kelompok dan buku catatan yang dimiliki kelompok telah melakukan pembenahan atau melengkapi semua administrasi sesuai dengan kebutuhan serta kegiatan yang ada dalam kelompok. Disamping itu kelompok juga melengkapi semua buku-buku catatan kegiatan dan telah memiliki buku sebanyak 33 jenis buku.

  Pengelolaan usaha agribisnis sapi potong dilakukan secara profesional dengan memperhatikan seluruh poteinsi yang ada, sumber daya manusia dengan cara pelatihan-pelatihan dan kerjasama dengan peneliti untuk mendapatkan teknologi yang tepat guna dalam masalah ransum pakan ternak maupun managemen pengelolaan yang baik, sangat dirasakan adanya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat Desa Dander, Kecamatan Dander pada umumnya.

  Hasil kerja keras seluruh anggota Kelompok peternak sapi potong “Mekar Sari” di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro telah mampu merubah keadaan, dinamika roda perekonomian di desa lebih cerah menatap masa depan.

 

Sumber: DISNAK JATIM
« Previous » Next

Polling

Galeri dan Layanan Publik apa yang paling Anda cari di website ini ?
INDEX

Info Harga 2014-11-24

Daging Kambing (Kg) : Rp. 90.000
Karkas Ayam Buras (Kg) : Rp. 55.000
Karkas Ayam Broiler (Kg) : Rp. 24.000
Daging Sapi Murni (Kg) : Rp. 88.000
Telur Ayam Ras (Kg) : Rp. 17.000
Telur Ayam Buras (Butir) : Rp. 2.000
Susu Sapi Segar (Ltr) : Rp. 7.000
DOC Broiler (Ekor) : Rp. 4.600
DOC Layer (Ekor) : Rp. 3.500
Telur Itik (Butir) : Rp. 2.200
Pakan Ternak Broiler (Kg) : Rp. 8.000
Pakan Konsentrat Layer (Kg) : Rp. 8.500
Detail Data Statistik

User Statistik

Hari ini : 368
Kemarin : 787
Minggu ini : 3980
Bulan November 2014 : 11084
Total : 317487
( since 30 Mei 2013 )
Page Loaded in 2.4782 seconds
Copyright © 2013 Dinas Peternakan Prov. Jawa Timur
Jl. Jend Achmad Yani 202 Surabaya 60235 Jawa Timur - Indonesia
Telp. (031) 8292545 8280445 - 8285126 - 8285129 , Fax. (031)8291853
[ Lihat Peta ]