Jumat, 27 April 2018 | 06:55 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 153

PERTEMUAN KOORDINASI PETUGAS PELAYANAN INFORMASI PASAR


PERTEMUAN KOORDINASI PETUGAS PELAYANAN INFORMASI PASAR

PERTEMUAN KOORDINASI PETUGAS PELAYANAN INFORMASI PASAR

BIDANG : PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PETERNAKAN
NAMA KEGIATAN : PERTEMUAN KOORDINASI PETUGAS PELAYANAN INFORMASI PASAR
TEMPAT KEGIATAN : RUANG TRAINING CENTRE, DINAS PETERNAKAN PROVINSI JAWA TIMUR
NARASUMBER :

1. KEPALA BIDANG PPHP DINAS PETERNAKAN PROV. JATIM

2. DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHAN HEWAN

3. CV. GLOBAL SOLUSINDO

DIBUKA : KEPALA BIDANG DINAS PETERNAKAN PROV. JATIM
PESERTA : PETUGAS PELAYANAN INFORMASI PASAR

Pertemuan Koordinasi Petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP)  Provinsi Jawa Timur Tahun 2018  diselenggarakan di TC Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur   pada tanggal 24 April 2018. Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang Pengolahan  dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, dengan peserta pertemuan  Petugas  PIP  sebanyak 17 orang dari jumlah keseluruhan 20 Petugas seluruh Jawa Timur.   Hadir sebagai narasumber pada pertemuan tersebut dari   Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (Sigit Pamungkas, SPt) dan CV.Global Solusindo (Masyudin Zakaria.dan Irfani Firdausy)  Beberapa kesimpulan dalam pertemuan sebagai berikut :

1. Tujuan pertemuan PIP adalah: 1) mereview pemahaman   petugas PIP terkait dengan metode pengumpulan dan pelaporan data harga supaya lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan; 2) Peningkatan kualitas data harga komoditas peternakan dari petugas PIP sebagai sumber rujukan untuk harga tingkat produsen dan eceran; dan 3) Penyamaan persepsi   petugas PIP terkait dengan isue-isue pasar komoditas peternakan;

2. Dalam rangka peningkatan kualitas data dan informasi harga yang bersumber pada data PIP dilaksanakan evaluasi metode pengambilan data, validasi data dan penyajian data sehingga informasi harga yang dihasilkan valid, dapat dipertanggungjawabkan, dapat ditelusuri (traceability), dan diseminasikan (dipublikasikan);

3. Selain menginformasikan harga, petugas PIP juga diharapkan dapat memperluas informasi yang lebih komprehensive, seperti biaya pemasaran, informasi pasar ternak, dinamika ketersediaan ternak (supply demand), sehingga dapat memberikan kontribusi yang luas terhadap komoditas peternakan dalam negeri yang lebih berdaya saing dipasar lokal maupun ekspor

Hasil evaluasi kinerja Petugas PIP di Tribulan I Tahun 2018 :

  • Rata - rata pelaporan Petugas yang difasilitasi Dana APBN : 52,8 %
  • Rata - rata pelaporan Petugas yang difasilitasi Dana APBD : 86,7%

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

a. Rangkap jabatan;

b. Bergantinya petugas karena promosi/mutasi;

c. Sering terjadinya kendala Jaringan dalam pengiriman data

1. Di Jawa Timur untuk pengiriman data Petugas PIP yang difasilitasi Dana APBD memanfaatkan aplikasi SIPASNAK yang bisa dioperasikan melalui Operating sistem berbasis Android maupun melalui WEB Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, adapun Petugas PIP yang difasilitasi Dana  APBN menggunakan Jaringan Internet yang terhubung ke WEB Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan yang pelaporannya harus menggunakan PC/Laptop, dengan konten laporan yang relatif berbeda.

2. Untuk optimalisasi kuantitas dan kualitas laporan Petugas PIP di Jawa Timur, diharapkan ada sinkronisasi pelaporan data antar masing – masing media, sehingga jenis, parameter data yang dikirim masing – masing Petugas PIP baik APBN maupun APBN bisa dimanfaatkan dan menambah jumlah maupun sebaran sumber data.

3. Sebagai bentuk akuntabilitas data yang dilaporkan, petugas PIP diwajibkan mengisi form Sumber data, lokasi maupun Kontak person dari personel responden ( sumber data) dan dikirim ke Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan.

4. Selama belum ada kepastian sinkronisasi aplikasi WEB Pelayanan Informasi Pasar Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan dan SIPASNAK Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Petugas PIP melaporkan data harga harian melalui media masing – masing.  

GALERY FOTO KEGIATAN YANG LAINNYA

Sumber: DISNAK JATIM