Rabu, 2 Oktober 2019 | 07:48 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 64

Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Selenggarakan Pelayanan Gratis di Hari Rabies Sedunia 2019


rsh1

Tanggal 28 September dikenal sebagai Hari Rabies Sedunia / World Rabies Day yang ditetapkan oleh sebuah organisasi bernama Alliance for Rabies Control (ARC). Peringatan Hari Rabies Sedunia ini bertujuan untuk meningkatan kesadaran, pengendalian dan pencegahan terhadap penyakit rabies. Rabies adalah jenis penyakit zoonosis yang berbahaya dan dapat menular ke manusia. Anjing, kucing, kera, kelelawar, merupakan hewan penular rabies. 

 

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia tahun 2019 dan dalam upaya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang perlunya mewaspadai bahaya penyakit rabies, Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi rabies GRATIS pada hari Sabtu, 28 September 2019. Pelayanan gratis dilayani mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala bidang kesehatan hewan, kepala seksi pengamanan penyakit hewan dan kelembagaan kesehatan hewan, serta koordinator rumah sakit hewan. Jenis pelayanan yang diberikan gratis adalah berupa vaksinasi rabies dan jenis pelayanan kesehatan hewan yang tidak memerlukan tindakan bedah minor maupun mayor, pemeriksaaan dengan alat diagnostik (X-Ray, USG, dll), Grooming, Vaksinasi dan Rawat Inap. Dari kuota vaksinansi sebanyak 50 ekor telah terlaksana sebanyak 45 ekor sedangkan 5 ekor di tolak karena kesehatan yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan hewan telah terlaksanan 30 ekor. Klien yang memanfaatkan pelayanan gratis ini meliputi wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Konsumen sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan ini dan berharap dapat dilaksanakan kembali dengan fasilitas yang lebih banyak di tahun mendatang.

 

Sumber: DISNAK JATIM