Rabu, 2 Oktober 2019 | 13:45 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 42

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Informasi Pasar di Kabupaten Magetan


Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Informasi Pasar di Kabupaten Magetan

Selasa, 24 September 2019, Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi Informasi pasar di kabupaten Magetan. Didapatkan hasil antara lain :

1. Petugas PIP telah melakukan pelaporan harga komoditas peternakan (daging sapi, telur dan daging ayam) di tingkat Produsen dan konsumen melalui grup Whatsapp, namun belum ditindak lanjuti dengan laporan pada website SIPASNAK.

2. Pengenalan aplikasi SIMPONI kepada petugas dengan harapan selanjutnya, selain melalui grup Whatsapp, web SIPASNAK, Petugas juga bisa melakukan update harga pasar produk peternakan harian dengan menggunakan aplikasi SIMPONI.

3. Dilakukan kunjungan ke responden peternak ayam broiler untuk mengetahui harga Live bird di tingkat produsen.

4. Peternak yang dikunjungi yaitu Bapak Nico, Desa Kebaren, Kec. Magetan yang merupakan peternak mitra dengan SMF, dengan perjanjian kontrak sebagai berikut :

  • Harga DOC yaitu Rp 5.800,- (include vaksin dan vitamin)
  • Pakan yaitu Rp 7.700,-
  • Harga Lb pada saat panen adalah Rp 18.800 dengan ketentuan Jika BB diatas ketentuan kontrak, maka kelebihan BB dibayar sesuai dengan harga yang berlaku saat panen.

5. Peternak tidak mempunyai perjanjian kontrak yang seharusnya dimiliki oleh kedua belah pihak (mitra dan inti)

6. Dari point 4 dan 5 diatas, poisis peternak sangat lemah, kedepan perlu adanya peraturan untuk kedua belah pihak sesuai dengan 4 prinsip “SALING” dalam kemitraan yaitu (saling membutuhkan, saling menguatkan, saling percaya, saling menguntungkan).

 

Sumber: DISNAK JATIM