Minggu, 26 Juli 2020 | 13:07 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 49

Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian


pelepasan ekspor
Jumat(24/7/2020) Kabid BP4 Ir. Sri Pudjiastuti, MM menghadiri Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian. Pelepasan dilakukan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D
Pada saat sambutan disampaikan arahan sebagai berikut :
1. Kinerja ekspor untuk komoditas pertanian pada bulan Januari-Juni 2020 mengalami peningkatan 8% dibandingkan tahun lalu. Untuk bulan Juni 2020 mengalami peningkatan 15,09% dibanding bulan Juni tahun lalu 
2. Ekspor komoditas pertanian relatif masih stabil dibandingkan komoditas lain yang mengalami pelandaian atau penurunan tajam terutama pada masa pandemi. Ada peningkatan nilai tambah komoditas pertanian di negara tujuan pada masa pandemi. Kementerian Pertanian diberikan tugas Bapak Presiden untuk terus mendorong eksportasi komoditas pertanian.
3. Instruksi Bapak Menteri Pertanian untuk mengejar ekspor melalui Gratieks gerakan tiga kali lipat ekspor. Saat ini nilai ekspor di Jawa Timur tinggi nilainya karena Tanjung Perak merupakan pelabuhan hub di Indonesia Timur. 
4. Program di hulu atau onfarm di Jawa Timur untuk senatiasa dikawal dan ditingkatkan. Harus dikembangkan intensifikasi dan ekstensifikasi. Jika hal tersebut tidak dilakukan, dalam jangka panjang dapat mengalami penurunan khususnya untuk ekspor. Ekspor ke depan agar lebih ditingkatkan pada sisi industrinya agar nilai tambah meningkat.
5. Produk peternakan yang dilakukan ekspor adalah daging sapi olahan (bakso) sebanyak 6.000 kg dengan tujuan Hongkong dan shuttecocks dr bulu bebek je 15 negara.
Sumber: DISNAK JATIM