Rumah Sakit Hewan


" UTAMAKAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN "

Dengan semakin meningkatnya pecinta hewan kesayangan maka semakin meningkat pula populasi hewan kesayangan yang ada di Jawa Timur, terutama di Surabaya. Selain dari itu kesadaran masyarakat juga semakin meningkat untuk membawa hewan kesayangannya ke dokter apabila mendapati hewan kesayangannya dalam keadaan sakit atau sekedar memeriksakan hewannya dan memastikan hewannya dalam keadaan sehat, bahkan mungkin untuk divaksinasi.


Oleh karena itu masyarakat kota Surabaya dan sekitarnya membutuhkan sebuah layanan yang dapat memenuhi segala kebutuhan bagi hewan kesayangan mereka, yang menyediakan berbagai keperluan barang dan jasa untuk kelangsungan hidup hewan kesayangan mereka.


Maka dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT, maka Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur membangun sebuah Klinik Hewan yang tujuan awalnya untuk memberi pelayanan kepada masyarakat dalam upaya memelihara kesehatan hewan kesayangan mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, Klinik Hewan telah berkembang menjadi Rumah Sakit Hewan dengan penambahan berbagai fasilitas dan sumber daya manusia yang profesinal.


I. Fasilitas yang kami tawarkan
1. Ruang periksa yg reperesentatif
Dilengkapi dengan berbagai alat untuk pemeriksaan rutin dan berbagai macam obat :
antibotik, vitamin, analgesik dan lain lain.

Ruang Tindakan dan Ruang Periksa

2. Ruang rawat inap :
Terdiri dari beberapa ruang yaitu ruang rawat inap intensif, ruang rawat inap non infectious dan ruang rawat inap infectious.

Ruang Rawat Inap Anjing dan Kucing

3. Ruang operasi :
Dilengkapi dengan berbagi alat opersi baik oprasi mayor maupun minor, sterilisator, oksigen dan yang akan datang mesin anastesi

Ruang Operasi

4. Laboratorium :
Kami dapat melakukan pemeriksaan sederhana baik pemeriksaan natif, hapusan darah, pemeriksaan scraping kulit dan pemeriksaan parasit darah dan akan segera dilengkapi alat alat lain untuk pemeriksaan darah maupun x ray.

Laboratorium

5. Ruang titip sehat
Tempat yang terpisahkan antara titip sehat untuk anjing dan untuk kucing dengan daya tampung yang cukup banyak mencapai 100 ekor

Titip Sehat

6. Ruang perawatan neonatus : untuk keperluan post partus baik secara normal maupun caesar

A. JENIS PELAYANAN

1. Panggilan kerumah (House Call)
Untuk pemilik hewan yang tidak sempat membawa hewan kesayangannya ke klinik karena faktor kesibukan atau kesulitan membawa karena ukuran yang besar dan keadaan yang tidak memungkinkan untuk membawa hewan kesayangannya ke klinik
2 Jasa Antar Jemput pasien : Dilengkapi satu mobil operasional bagi pemilik yang karena suatu hal tidak dapat membawa hewan kesayangannya sendiri ke klinik.
Mobil operasional RSH
3. Jasa Operasi : Dengan tersedianya ruang operasi ysng representatif kami sudah dapat melaksana berbagai macam opersi baik operasi besar maupun kecil
4. Jasa Rawat Inap : Kami sediakan bagi pemilik yang butuh perawatan khusus dan penjagaan yang khusus
5. Jasa Titip Sehat : Bagi pemilik yang ingin bepergian tapi bingung dimana harus menaruh hewan kesayangannya, maka kami menyediakan tempat untuk menitipkan hewan kesayangannya dibawah pengawasan dokter hewan
6. Jasa Grooming : Kami sediakan bagi hewan kesayangan baik kucing maupun anjing yang ingin tampil cantik dan bersih

B. LANDASAN HUKUM

  1. Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur Nomor 9 tahun 2002 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.
  2. Surat Keputusan Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur nomor : 188.4/2818/117.03/2002 tentang Laboratorium Uji Medik Veteriner.

C. ALAMAT

RS Hewan Surabaya
RUMAH SAKIT HEWAN
DINAS PETERNAKAN JAWA TIMUR
Jl. Jend. A. Yani 202 Surabaya, Telp. (031) 71000048 / (031) 8287165

D. PERSYARATAN

  1. Klinik Hewan / Veterinary Centre Untuk penitipan hewan/pet animal hewan harus sehat dan sudah divaksinasi / menunjukkan surat keterangan vaksinasi.
  2. Lab. Uji Pakan Ternak Harus membawa sampel pakan yang akan diuji minimal 250 gram

E. PROSEDUR

  1. Klinik Hewan/Veterinary Centre Pemilik hewan kesayangan harus memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai hewan kesayangannya.
  2. Lab. Uji Pakan Ternak Mengajukan surat permohonan pengujian sampel pakan dengan membawa sampel pakan yang akan diuji.