KEGIATAN DAN LAYANAN

  1. Kegiatan di UPT Inseminasi Buatan
  2. Pemeriksaan Kebuntingan

adalah pemeriksaan terhadap sapi betina yang telah di Inseminasi 2-3 bulan yang lalu. Yang positif di laporkan dan dipantau perkembangannya hingga kelahirannya, sedangkan pada ternak yg negatif atau bunting dilakukan inseminasi kembali pada waktu berahi.

Pemeriksaan Reproduksi

Pemeriksaan dilakukan pada ternak betina yang sudah di inseminasi lebih dari 2 kali dan tidak bunting, diidentifikasi hasil pemeriksaannya selanjutnya diteruskan ke bagian Kesehatan Hewan untuk dilakukan penanganannya.

Embrio Transfer

Transfer Embrio adalah rekayasa genetik berupa pengembagan bioteknogi reproduksi untuk menghasilkan bibit yang umggul
Ada 2 cara yaitu invivo dan invitro.
Invivo adalah pembiakan embrio di dalam alat reproduksi ternak dengan cara membiakan sperma dan sel telor di dalam organ reproduksi ternak betina dan dipanen setelah embrio berumur 7 hari setelah pembiakan atu inseminasi dilakukan.
Invitro seperti halnya Invitro, tapi pembikan dilakukan di luar organ reproduksi (cawan petri) yang dikondisikan seperti di alat reproduksi ternak betina.

Super Ovulasi

Adalah Rekayasa genetik berupa produksi sel telur yang lebih dari satu dengan cara penyuntikan hormon (GNRH, PGF2 alfa, HCG).
Tehnologi Super Ovulasi ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Transfer Embrio.

Penataan Regulasi Semen Beku dan N2 cair

Semen Beku yang beredar di Kabupaten/Kota di petakan setiap 2 tahun sekali guna menghindari adanya in breeding.
N2 Cair di alokasikan sesuai dengan jumlah inseminator dan jumlah akseptor IB.

Domba Sapudi

Pada Stasiun Kajian Teknologi Inseminasi Buatan sebagai salah satu tempat penampungan semen dan kajian produksi semen beku Domba Sapudi untuk dapat dijadikan straw dalam penggunaan teknis inseminasi buatan (IB) pada domba. Pengambilan semen beku Domba Sapudi dilakukan pada 3 domba pejantan (Pejantan Rio, Agung, dan Kholik).

Layanan Masyarakat :

Layanan kegiatan IB dilaksanakan langsung di Kabupaten/ Kota, yaitu berupa pelayanan inseminasi, PKB dan Pemeriksaan Reproduksi.

Produk UPT Inseminasi Buatan