Profil Kepala UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak di Tuban

Nama                              :   WULAN RISKA HADI ANANDA, S.Pt

Tempat / Tanggal Lahir   :   Jombang, 22 Maret 1986

Mulai Menjabat               :   3 Januari 2022

Riwayat  Jabatan

2017 – 2021 Kepala Seksi Produksi UPT PT dan HMT Tuban – Disnak Jatim

Tamat  Pendidikan

2009 Sarjana Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
2004 SMA Negeri 8 Surabaya
2001 SLTP Negeri 29 Surabaya
1998   SD Mojo 6 No. 225 Surabaya

Struktur Organisasi

Sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 102 tahun 2016 tentang Nomenklatur, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak di Tuban, membawahi :

  1. Sub Bagian Tata Usaha;
  2. Seksi Produksi
  3. Seksi Pelayanan

UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Tuban (UPT PT dan HMT) Tuban, adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur yang melaksanakan sebagian tugas bidang pembibitan ternak khususnya sapi Peranakan Ongole (PO) serta hijauan pakan ternak.

UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak di Tuban, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang teknis pembibitan, pembiakan, budidaya ternak, hijauan makanan ternak, ketatausahaan dan pelayanan masyarakat.

Untuk melaksanakan tugasnya, UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak di Tuban mempunyai fungsi :

  1. pembibitan, budidaya dan pemuliabiakan ternak;
  2. pemeliharaan ternak dan pengadaan makanan ternak;
  3. pembibitan hijauan makanan ternak;
  4. pendistribusian bibit ternak;
  5. pelaksanaan tugas-tugas ketatausahaan;
  6. pelaksanaan pelayanan masyarakat;
  7. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas

 Tugas Pokok dan Fungsi

1. Pembibitan, budidaya dan pemuliabiakan ternak 
2. Pemeliharaan ternak dan pengadaan makanan ternak
3. Pembibitan Hijauan Makanan Ternak
4. Pendistribusian bibit ternak
5. Pelaksanaan ketatausahaan
6. Pelaksanaan pelayanan masyarakat
7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas

Sumber Daya Manusia

Tenaga kerja yang ada di UPT PT dan HMT Tuban sebanyak 39 orang, berdasarkan status kepegawaian dan pendidikan adalah sebagai berikut  :

No.

Pendidikan

PNS (Orang)

Non PNS (Orang)

1.

S1 /S2 /S3

6

1

2.

Diploma

1

2

3.

SMA / Sederajat

-

20

4.

SMP / SD

1

1

Jumlah

8

24


Luas Lahan

UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Tuban berlokasi di Kabupaten Tuban dengan ketinggian 7 m diatas permukaan laut, dengan luas lahan sekitar 7,2 hektar yang terbagi menjadi 3 daerah yaitu :

  1. Lahan utama yang berada di Jalan Mojopahit No. 100 Tuban dengan luas lahan 5,5 hektar (untuk perkantoran, rumah dinas, gudang, kandang ± 3 hektar sedangkan untuk lahan Hijauan Makanan Ternak ± 2,5 hektar).
  2. Lahan kedua berada di Kelurahan Karang dengan luas lahan 1,2 hektar (untuk lahan rumput 0,6 ha, sedangkan yang 0,6 ha berupa tanah padas yang akan dikembangkan menjadi kawasan pabrik pakan mini dan pembibitan sapi)
  3. Lahan ketiga berada di Desa Sugihwaras dengan luas lahan 0,49 hektar berupa lahan pantai dan telah terkena abrasi ±80%

Sarana Prasarana

Untuk menunjang kinerja yang lebih baik diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga UPT PT dan HMT Tuban pada tanggal 24 Maret 2017 melakukan peresmian Gedung Kantor baru. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang Perbibitan, Pakan dan Produksi Peternakan dan seluruh Kepala UPT di lingkungan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Selain memiliki Gedung Kantor yang baru saja diresmikan, UPT PT dan HMT Tuban juga memiliki beberapa fasilitas, yaitu Gedung Pertemuan, Rumah Dinas, Guest House, Tempat Pelayanan Susu, Ruang Pamer, Gudang Pakan dan Tempat Pengolahan Kompos. Sedangkan untuk menunjang kegiatan pembibitan ternak UPT PT dan HMT Tuban memiliki fasilitas perkandangan, antara lain  Kandang Sapi PO indukan, Kandang Bunting dan Melahirkan, Kandang Menyusui, Kandang Kawin, Kandang Pejantan, Kandang Sapi Limousin, Kandang Sapi PO Lepas Sapih, Kandang Sapi Bali, Kandang Karantina, Kandang Sapi Perah.