Kamis, 31 Desember 2020 | 23:07 WIB | Penulis : Web Admin
Dibaca : 405

Launching Sapi Perah Pejantan Unggul Hasil Uji Zuriat 2020


uji zuriat 1

Kamis (17/12/2020), Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Drh. Wemmi Niamawati MMA, menghadiri Launching Pejantan Unggul Hasil Uji Zuriat Sapi Perah Nasional 2020 di Malang.  Acara ini juga dihadiri Tim dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Perwakilan UPT Perbibitan Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Peternakan yang membidangi fungsi peternakan, anggota koperasi unit desa (KUD) dan peternak sapi perah dari berbagai daerah.

Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) melakukan uji zuriat pada sapi perah Indonesia dalam rangka meningkatkan mutu genetik sapi perah. Uji zuriat, yaitu pengujian untuk mengetahui potensi genetik calon pejantan melalui produksi anak betinanya dan dilakukan untuk menghasilkan bibit pejantan unggul yang cocok dengan kondisi iklim di Indonesia dalam upaya mengurangi ketergantungan impor pejantan.

 

 

Uji Zuriat Sapi Perah Nasional telah dimulai pada tahun 2004 sampai dengan tahun 2019. Dalam periode tersebut Kementan berhasil melepas 14 ekor pejantan unggul. Di Tahun 2020, Kementan akan melepas 6 pejantan unggul yaitu Flate, Flanggo, Folegan yang berasal dari BIB Lembang dan SG Glens, SG Shoty, SG Doming yang berasal dari BBIB Singosari. Pejantan sapi perah ini merupakan pejantan unggul hasil uji zuriat pada periode tiga. Output yang diharapkan dari uji zuriat adalah tersedianya pejantan sapi perah unggul Indonesia

Sumber: DISNAK JATIM