UPTPT-HMT Malang Kegiatan Layanan

KEGIATAN DAN LAYANAN

Kegiatan di UPT PT dan HMT Malang

Kegiatan yang dilakukan di UPT PT dan HMT Malang meliputi pembibitan, budidaya dan pemuliabiakan ternak, pembibitan hijauan makanan ternak, distribusi bibit ternak, ketatausahaan, pelayanan masyarakat dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
Pembibitan ternak yang dilakukan adalah pembibitan kambing Peranakan Etawah dan Senduro, meliputi: kegiatan pemilihan bibit melalui uji performans, manajemen reproduksi, manajemen perkandangan, manajemen pakan, manajemen pemeliharaan, manajemen kesehatan, seleksi dan culling serta pencatatan ternak.
Bibit hijauan makanan ternak yang ada di UPT PT dan HMT Malang meliputi: penisetum purpureum cv africa (rumput gajah), penisetum purpureum cv Taiwan (rumput taiwan), penisetum purpureum cv mott (rumput odod), gliricidia sepium (gamal) dan calliandra callothyrsus (kaliandra). Selain itu juga terdapat koleksi hijauan antar lain: Euchelena Mexicana (rumput Meksiko), setaria sphacelata (rumput Setaria), cynodon plectostachyus (Star Grass), panicum maximum (rumput Benggala), Tithonia diversifolia (paitan), clitoria ternatea (Butterfly Pea), desmodium rensonii (Desmodium), calopogonium mucunoides (Kalopo), indigofera tinctoria (Tarum) dan lain-lain.

Layanan Masyarakat

Kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh UPT PT dan HMT Malang meliputi pelayanan bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan, magang, studi banding, kerja sama pengembangan tehnologi, penyebaran informasi peternakan dan kesehatan hewan, penanganan, pengolahan dan pemasaran hasil produksi.
Pada tahun 2016 jumlah kunjungan di UPT PT dan HMT Malang sebanyak 2.113 orang, PKL/Prakerin 130 orang dan 4 kegiatan penelitian.

Produk yang dihasilkan

Bibit yang dihasilkan antara lain:

  1. Kambing Peranakan Etawah (PE)
  2. Kambing Senduro
  3. penisetum purpureum cv africa (rumput gajah)
  4. penisetum purpureum cv Taiwan (rumput taiwan)
  5. penisetum purpureum cv mott (rumput odod)
  6. gliricidia sepium (gamal)
  7. calliandra callothyrsus (kaliandra)

Susu dan hasil olahan susu meliputi:

  1. Susu kambing segar
  2. Susu sapi segar
  3. Susu kambing pasteurisasi
  4. Susu sapi pasteurisasi
  5. Yoghurt
  6. Kefir
  7. Ice cream
  8. Permen susu
  9. Masker Kefir
  10. Toner Kefir
  11. Sabun susu