GEBYAR PANEN PEDE KOTA PROBOLINGGO...

GEBYAR PANEN PEDE KOTA PROBOLINGGO Mendukung Intan Selaksa 2019

Senin, 22 Juli 2019 | 20:25 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 1385 kali
GEBYAR PANEN PEDE KOTA PROBOLINGGO

Kota Probolinggo, Senin 22 Juli 2019

UPSUS SIWAB adalah program Nasional dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di 34 Provinsi termasuk diantaranya Provinsi Jawa Timur dengan tujuan melakukan percepatan peningkatan populasi sapi di Indonesia,  Dalam rangka memberikan apresiasi kepada peternak yang telah mengikuti program UPSUS SIWAB tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo menggelar kegiatan yang bertajuk "GEBYAR UPSUS SIWAB, KONTES BURUNG BERKICAU DAN GERAKAN MINUM SUSU MAKAN TELUR DAN DAGING KOTA PROBOLINGGO" 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (21-22 Juli 2019)  tersebut dihadiri oleh Walikota Probolinggo Bpk Habib Hadi Zainal Abidin beserta MUSPIDA, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur ibu drh. Wemmi Niamawati, MMA serta ibu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo. Dalam sambutanya Walikota Probolinggo mengatakan bahwa kegiatan ini akan dijadikan kegiatan rutin tahunan pemerintah kota Probolinggo sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan minat beternak bagi masyarakat kota Probolinggo.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Timur (drh. WEMMI NIAMAWATI, MMA) menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Probolinggo yang telah menginisiasi kegiatan gebyar UPSUS SIWAB, kontes burung berkicau dan gerakan minum susu makan telur dan daging. 

Jawa Timur dalam hal mencukupi kebutuhan daging sapi dalam provinsi sudah mampu SWASEMBADA, namun demikian Jawa Timur harus berkontribusi dalam pemenuhuan kebutuhan daging sapi Nasional, untuk itu Provinsi Jawa Timur mendukung program UPSUS SIWAB. Perlu diketahui bahwa UPSUS SIWAB telah berjalan sejak tahun 2017 dan tetap dilanjutkan pada tahun 2019 ini. 

Lebih lanjut Kepala UPT. Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur (Dr. drh. ISWAHYUDI, MP)  menyampaikan bahwa Total kelahiran sapi hasil UPSUS SIWAB (kawin suntik gratis) di Jawa Timur sejak tahun 2017 s/d 4 Juli 2019 sebanyak 2.539.627 ekor atau setara dengan 20 triliun rupiah (harga pedet lepas sapih hasil kawin suntik @ Rp. 8 juta). kenyataan ini menunjukkan bahwa UPSUS SIWAB secara nyata telah mempu meningkatkan kesejahteraan peternak.

Report : Drh.Rina Pujiastuti,Msi

UPT INSEMINASI BUATAN

Sumber: DISNAK JATIM