TIM INTAN SELAKSA MENDUKUNG UPSUS...

TIM INTAN SELAKSA MENDUKUNG UPSUS SIWAB DISNAK JATIM

Senin, 12 Agustus 2019 | 20:39 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2228 kali
TIM INTAN SELAKSA MENDUKUNG  UPSUS SIWAB DISNAK JATIM  "TURUN GUNUNG"

Lumajang,  Agustus  2019

Kamis pagi sekitar pukul 04.30 WIB saat matahari masih belum beranjak dari gelapnya malam, Tim Intan Selaksa Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur telah bergegas bergegas dari kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Jl. A Yani 202 Surabaya menuju desa KRAI kecamatan YOSOWILOANGON kabupaten LUMAJANG - Jawa Timur, untuk melakukan kegiatan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) Massal yang merupakan bagain dari INTAN SELAKSA Selaksa sebagai wujud MONEV kegiatan Inseminasi Buatan (Kawin Suntik) mendukung Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) di Jawa Timur.

TIM INTAN SELAKSA yang terdiri dari Ir. BUDI SARWOTO, MM selaku Ketua TIM, Dr. drh. ISWAHYUDI, MP kepala UPT. Inseminasi Buatan beserta rombongan melaksanakan kegiatan Penyuluhan akan pentingnya pemeriksaan kebuntingan setelah dilaksanakan Inseminasi Buatan guna mempersingkat masa pemeliharaan sapi yang tidak bunting.

Pada pukul 10.00 WIB kegiatan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dengan bacaan bismillah terhadap 350 ekor sapi betina yang telah dikawin suntik (IB) dinyatakan dimulai dengan hasil 282 ekor bunting (positif) dan 68 ekor belum bunting (negatif). Ini menunjukkan bahwa hampir 80% sapi yang telah di kawin suntik dinyatakan BUNTING.

Pemeriksaan Kebuntingan massal dengan pemberian vitamin dan obat cacing merupakan salah satu langkah inovasi Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dalam mendukung keberhasil program Nasional Upsus Siwab, untuk menjamin pencapaian swasembada protein nasional.

 

Report : Drh.Rina Pujiastuti,Msi

UPT INSEMINASI BUATAN

Sumber: DISNAK JATIM