BANK SEgSI Jatim Raih Penghargaan...

BANK SEgSI Jatim Raih Penghargaan Kovablik Tahun 2022

Jumat, 9 Desember 2022 | 00:54 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : kali
kovablik 2022

Rabu (7/12/2022) Bertempat di alun-alun Caruban Kabupaten Madiun, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Ir. INDYAH ARYANI, MM, menerima penghargaan Kovablik kategori inovasi replikasi yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan Kovablik melalui inovasi BANK SEgSI (Bank Sperma Terintegrasi). Inovasi BANK SEgSI lahir dari permasalahan proses perhitungan semen beku yang berulang kali, data distribusi dan BAST semen beku yang tidak tercatat dengan baik, keterlambatan distribusi N2 Cair dan jumlah pegawai wanita yang lebih banyak dari pegawai pria,sedangkan tupoksi distribusi dibutuhkan pegawai pria.

Inovasi BANK SEgSI (Bang Sperma Terintegrasi) diimplementasikan oleh UPT Inseminasi Buatan dalam bentuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital yang sudah ada yaitu google form dan barcode, untuk memudahkan petugas di kabupaten kota dalam melakukan pengidentifikasian kontainer penyimpanan semen beku, melakukan penghitungan semen beku dan melengkapi BAST.

Penggunaan teknologi tersebut menjadikan administrasi semakin mudah dan BAST selain dapat tersimpan serta terintegrasi dengan baik, juga bersifat paperless.
Kebaharuan yang dihadirkan BANK SEgSI yakni full service pelayanan dalam peningkatan handling dan distribusi semen beku melalui Post Thawing Motility (PTM), pengiriman cepar darurat, barcode, penyekat goblet dan container movement yang memudahkan pegawai wanita dalam melaksanakan tugas di Bank Sperma.

Dari Tahun 2019 hingga 2022, BANK SEgSI telah turut serta dalam peningkatan distribusi semen beku, sebanyak 3.200.000 dosis semen beku telah terdistribusi dan berkontribusi terhadap kelahiran pedet sebanyak 1.180.662 ekor.????

Sumber: Disnak Jatim