Misi Dagang dan Investasi Jatim dan...

Misi Dagang dan Investasi Jatim dan Kaltara Meningkatkan Jejaring Konektivitas

Rabu, 22 Maret 2023 | 17:59 WIB Penulis : Renzy Dibaca : 144 kali
misi dagang kaltara

Pemerintah Provinsi Jawa Timur  menggelar misi dagang dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara pada Senin (20/3/2023). Kegiatan yang digelar di Tarakan Plaza Hotel, Kota Tarakan, Kaltara itu berhasil membukukan transaksi Rp279,33 miliar.

Dari total nilai transaksi tersebut, penjualan Jatim ke Kaltara mencapai Rp206,297 miliar. Sebaliknya pembelian Jatim dari Kaltara mencapai Rp73,034 miliar.

"Komoditas yang ditransaksikan beragam. Ada komoditas peternakan seperti ayam, ada juga logistiknya, kemudian rokok, lalu rumput laut, dan ada cangkang sawit. Rumput laut dan cangkang sawit itu kita beli dari sini," kata Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak.

Menurut Emil, misi dagang ini bertujuan untuk meningkatkan koneksitas antara para pelaku usaha dari Jatim dengan para mitra di Kaltara. Sekaligus memperluas potensi produk industri, perdagangan, ekonomi kreatif, agribisnis, dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi. "Dari total transaksi perdagangan tersebut, Jatim menyuplai hampir separuh komoditas yang ada di Kaltara. Kami juga ingin mendorong agar produk-produk dari Kaltara bisa dipasarkan juga di Jatim," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga diselenggarakan penandatanganan kesepakatan (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara organisasi perangkat daerah (OPD) di Jatim dan Kaltara, pelaku usaha dan asosiasi. 

"Di antaranya terdapat 11 PKS antar OPD Jatim dan Kaltara yang ditandatangani kemarin," ucap Wagub Emil.

Sumber: Disnak Jatim