KHASIAT BUAH MAHKOTA DEWA SEBAGAI OBAT...

KHASIAT BUAH MAHKOTA DEWA SEBAGAI OBAT FLU BURUNG (AI)

Rabu, 15 Juni 2011 | 08:46 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 10766 kali
No Image

Tanaman atau pohon mahkota dewa seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.
Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti:
•    Alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
•    Saponin, yang bermanfaat sebagai:
o    sumber anti bakteri dan anti virus
o    meningkatkan sistem kekebalan tubuh
o    meningkatkan vitalitas
o    mengurangi kadar gula dalam darah
o    mengurangi penggumpalan darah
•    Flavonoid
o    melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
o    mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
o    mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
o    mengandung antiinflamasi (antiradang)
o    berfungsi sebagai anti-oksidan
o    membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
•    Polifenol
o    berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)
Selain berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit pada manusia ternyata buah mahkota dewa juga mempunyai khasiat untuk menghambat Virus flu burung atau biasa dikenal dengan (AI) hal ini telah dibuktikan oleh salah satu mahasiswa dari salah satu universitas negeri di Indonesia yang berjudul “Uji Aktivitas Antiviral Infus Ekstrak Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa) In Ovo dalam Penghambatan Replikasi Virus H5n1 Sebagai Vaksin Organik Pioner di Asia.
Fenomena penyebaran virus AI di Indonesia yang telah memakan cukup banyak korban, sehingga banyak para peternak yang tidak saja mengalami kerugian materi akibat serangan virus mematikan ini, tetapi juga keselamatan jiwa mereka yang terancam. Meskipun peternak mengetahui risiko yang timbul, mereka jarang menvaksin untuk menangkal virus AI kepada unggasnya karena terbatasnya informasi mengenai virus AI ini. Buah mahkota dewa, potensi lokal Indonesia, yang secara ilmiah telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh sebagai antivirus AI. Kandungan saponin dalam buah mahkota dewa bermanfaat selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan vitalitas juga bisa dimanfaatkan sebagai anti bakteri dan anti virus.
Saponin adalah segolongan senyawa glikosida yang mempunyai struktur steroid dan mempunyai sifat-sifat khas dapat membentuk larutan koloidal dalam air dan membui bila dikocok. Glikosida saponin bisa berupa saponin steroid maupun saponin triterpenoid.

Bagan Pembagian Saponin
Saponin bila terhidrolisis akan menghasilkan aglikon yang disebut sapogenin. Ini merupakan suatu senyawa yang mudah dikristalkan lewat asetilasi sehingga dapat dimurnikan dan dipelajari lebih lanjut. Saponin yang berpotensi keras atau beracun seringkali disebut sebagai sapotoksin.
Untuk mendapatkan senyawa saponin, diperlukan untuk mengekstrak buah mahkota dewa melalui penyulingan. Cara membuat antivirus dari ekstrak mahkota dewa ini diawali dengan penimbangan sesuai dosis yang dibutuhkan. Untuk dosis 10 ml, diperlukan buah mahkota dewa kering 100 gram per 100 ml air atau kelipatannya, yakni 100 gram per 1000 ml. Ekstrak mahkota dewa harus mengandung kadar saponin 10 persen. Hasil saponin yang diperoleh inilah yang digunakan sebagai bahan baku, yakni sebagai pelarut suspense antigen virus AI. Lalu yang digunakan sebagai vaksin adalah ekstrak mahkota dewa 0,2 ml.
Oleh : Wulan – Disnak Jatim

Sumber: DISNAK JATIM