Potensi Kotoran dan Urine Kelinci

Potensi Kotoran dan Urine Kelinci

Minggu, 5 Juli 2009 | 18:04 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 7885 kali
No Image

Ternak kelinci merupakan ternak yang dapat menghasilkan kotoran dan urine dalam jumah yang terbilang banyak. Dengan pengolahan yang sederhana kotoran dapat dibuat menjadi pupuk organik yang bermanfaat bagi peningkatan kesuburan tanah di areal tanaman hias, sayuran dan hortikultura.

Terdapat dua aspek penting dalam penggunaan kotoran ternak kelinci sebagai pupuk yaitu nilai penggunaannya dan sebagai sumber hara yang dibutuhkan oleh tanah. Sedangkan dari sisi nilai jual pupuk kelinci dikisaran Rp 3000,-/kg dan harga urine kelinci Rp. 5000,-/liter.

Proses Pembuatan Pupuk Dari Kotoran dan Urine Kelinci

Semua bahan yang sudah dipersiapkan dimasukkan dalam satu wadah bisa ember plastik besar atau yang lainnya kecuali NPK. Semua bahan dicampur lalu aduk sampai rata/tercampur kemudian dibiarkan sehari semalam, pengadukaan diulangi sampai kelihatan seperti bubur yang sangat cair. Selanjutnya dilakukan penyaringan sampai tuntas, sisa ampas diperes agar tidak yang tersisa selanjutnya dicampurkan pula NPK yang ada dan diaduk ulang sampai merata lalu dibiarkan selama sehari, bila sudah selesai berikutnya semua cairan dimasukkan dalam jerigen plastik kalau tidak akan segera digunakan.

Sedangkan sisa ampas hasil proses pembuatan pupuk urine bisa dijadikan pupuk kompos yang sangat baik untuk tanaman hias.

Sumber: DISNAK JATIM