PELAYANAN GRATIS SAMBUT HARI RABIES...

PELAYANAN GRATIS SAMBUT HARI RABIES SEDUNIA

Sabtu, 27 September 2014 | 15:40 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3545 kali
peringatan hari rabies 2014

Rabies adalah penyakit mematikan dikarenakan infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies.  Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar.  Rabies disebut juga  penyakit anjing gila.

Setiap tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Rabies Sedunia. Gerakan Hari Rabies Sedunia ini dipromotori dan dikampanyekan oleh sebuah oranisasi nirlaba yang bernama Alliance For Rabies Control (ARC). Peringatan hari rabies sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan  masyarakat terhadap bahaya penyakit rabies.

Gerakan Hari Rabies Sedunia yang ditetapkan pada tanggal 28 September, pertama kalinya dicanangkan dan diperingati pada tahun 2007.Pada saat itu, berbagai kegiatan dilaksanakan seperti: pengobatan, vaksinasi, lomba lari, parade, seminar pendidikan, festival dan pawai. Kegiatan ini mendapat respon dan partisipasi lebih dari 400.000 orang dari 74 negara. Ini menandakan bahwa adanya pengakuan luas dari masyarakat dunia akan pentingnya tindakan dan pengendalian terhadap penyakit yang sangat mematikan tersebut.

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia pada tanggal 28 September 2014 ini, Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan konsultasi dan pelayanan kesehatan hewan secara gratis, mulai jam 09.00 sampai dengan 14.00 WIB bertempat di Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Bawalah hewan kesayangan anda ke Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Jl. A. Yani 202 Surabaya untuk mendapatkan konsultasi dan pelayanan kesehatan hewan secara gratis di hari rabies sedunia. Sayangilah hewan kesayangan anda dan lindungilah dia dari penyakit hewan menular.

Sumber: DISNAK JATIM