PROGRAM FORMULASI PAKAN UNISMA DIMINATI...

PROGRAM FORMULASI PAKAN UNISMA DIMINATI PETERNAK PACITAN

Jumat, 8 Mei 2015 | 12:43 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2727 kali
formulasi pakan unisma

Program Iptek Bagi Wilayah (IBW) yang diperkenalkan dosen Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang (FAPET UNISMA) mendapatkan respon baik dari warga Pacitan. Program tersebut diminati oleh peternak, penyuluh peternakan dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Wilayah Pacitan sebenarnya merupakan wilayah berpotensi dalam bidang peternakan namun pengelolaannya yang belum maksimal. Sehingga potensi seperti pakan dan ternak di daerah tersebut belum dapat dikelola dengan baik.

Program IBW merupakan program hibah kompetisi Multi tahun dariĀ  DIKTI yang pelaksanaannya bekerja sama dengan pemerintah daerah Pacitan. Dosen yang mendapatkan Hibah IBW adalah Ir. Muhammad Farid Wadjdi, MP sebagai Ketua Tim dengan anggota drh. Nurul Humaidah, M.Kes.

Program ini meliputi penggunaan software formulasi pakan dan proses fermentasi pakan limbah agroindustri. Kedua program tersebut telah menjawab permasalahan yang dihadapi para peternakan di wilayah Pacitan.

Program formulasi pakan dengan menggunakan software mempermudah para peternak untuk memanfaatkan sumber daya tanaman pakan yang tersedia di daerah. Dengan menyusun formulasi ransum pakan sesuai kebutuhan, ternak yang dipelihara akan tumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Program lain dari IBW tersebut yaitu proses fermentasi pada limbah agroindustri, penanganan kasus Repeat Breeder pada sapi potong. Selain itu Tim IBW juga memberi bantuan seperangkat komputer PC untuk praktek formulasi ransum.

Sumber: DISNAK JATIM