PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN...

PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN SOFTWARE PENYUSUNAN PAKAN

Selasa, 6 Desember 2016 | 10:02 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2792 kali
software pakan 2016


Perunggasan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur terusberkembang pesat yang sudah mengalami fase industrialisasi yang memberikan dampak secara ekonomis cukup signifikan.  Jawa Timur sebagai daerah terbesar kedua setelah Jabotabek, merupakan sumber utama dan barometer perunggasan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, industri perunggasan juga telah menggunakan sarana-sarana yang memanfaatkan teknologi modern baik di sub bidang pembibitan, pakan ternak, obat-obatan, budidaya maupun pengolahan pangan asal ayam.

Meskipun perkembangan teknologi sudah kian meningkatkan kemajuan segala aspek dalam industri perunggasan. Tak sedikit pula peternak yang belum memaksimalkan fasilitas dari teknologi yang ada, padahal dengan menggunakan fasilitas tersebut akan lebih memudahkan dalam efisiensi dan efektifitas dan industri perunggasan. Beberapa alasan mengapa sebagian peternak belum memaksimalkan fasilitas  adalah kurangnya pengetahuan akan adanya fasilitas tersebut serta kurangnya mobilisasi atau penyuluhan kepada para peternak. Salah satu fasilitas yang dapat di gunakan untuk membantu industri perunggasan adalah penyusunan pakan menggunakan software. Software ini berguna mempermudah dalam menyusun pakan yang awalnya hanya manual.

Sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya – Malang melakukan pengabdian kepada masyarakat peternakan melalui Pelatihan Penyusunan Pakan Menggunakan Software. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 17 Desember di Hotel Pelangi Dua – Malang ini terbuka bagi masyarakat umum, peternak maupun mahasiswa Universitas Brawijaya. Pada kegiatan ini peserta akan mendapatkan informasi mengenai pengenalan berbagai jenis pakan dan cara penyusunan pakan dengan menggunakan software karena  akan dibimbing langsung oleh Dosen dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.

Selain membentuk peternak yang modern untuk bisa menyusun pakan dengan menggunakan software, pelatihan ini diharapkan membentuk masyarakat umum dan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang berwawasan luas. Selain itu diharapkan menjadikan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya sebagai Fakultas percontohan dalam bidang penyusunan pakan secara modern yaitu dengan menggunakan software baik dalam lingkup Universitas Brawijaya maupun masyarakat luas.

Informasi lebih lanjut mengenai pelatihan dapat dilihat di website  :  semperpc.blogspot.co.id

 

Sumber: DISNAK JATIM