Pembinaan Jaminan Keamanan Produk Hewan...

Pembinaan Jaminan Keamanan Produk Hewan Pada Unit Usaha di Kabupaten Blitar

Kamis, 13 Agustus 2020 | 14:38 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 1371 kali
12/8/2020 1

Rabu (12/8/2020), Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) melakukan kegiatan pembinaan jaminan keamanan produk hewan di kabupaten Blitar.

Adapun pelaksanaan pembinaan pada 6 unit usaha dibagi dalam 2 tim dan masing masing tim membina 3 unit usaha, dg kegiatan pembinaan sbb  :

* Tim 1 :

1. Budidaya ayam petelur milik  UD. Cahaya Gemilang yg berlokasi di Desa Bance Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

- UD Cahaya Gemilang Desa Bance merupakan budidaya ayam petelur closehouse dengan kapasitas 195 ribu ekor dan baru terisi 120 ribu ekor, dan melaksanakan mendistribusikan produk ahir berupa telur ke Jakarta, Bekasi, Cirebon, Tangerang, Tasimalaya dengan pengiriman rata – rata perhari 4,68 ton.

-  UD. Cahaya Gemilang sudah memenuhi standard NKV dengan level 2, dengan 4 penyimpangan minor dan tidak ada penyimpangan mayor berikut beberapa saran yg dapat diberikan ke sbb:

a. Sebaiknya memberikan plastik curtain pada Pintu masuk kandang

b. Meningkatkan kebersihan kandang dari sarang laba - laba.

c. Sebaiknya melakukan uji Laboratorium untuk melihat kualitas produk akhir

d. Sebaiknya melaksanakan pengecekan kesehatan karyawan secara rutin setiap 1 thn sekali.

e. Tray telur diberikan alas dan pada gudang penyimpanan telur sebaiknya diberikan penutup agar tidak mudah terkontaminasi dan kotor.

 

2.            Pembinaan pada unit usaha budidaya ayam milik  UD. Cahaya Gemilang yg berlokasi di desa Karangrejo kecamatan Garum kabupaten Blitar.

- UD Cahaya Gemilang Desa Karangrejo merupakan budidaya ayam petelur closehouse dengan kapasitas 200 ribu ekor dan baru terisi 200 ribu ekor, dan melaksanakan mendistribusikan produk ahir berupa telur ke Jakarta, Bekasi, Cirebon, Tangerang, Tasimalaya dengan pengiriman rata – rata perhari 10 ton.

- UD. Cahaya Gemilang sudah memenuhi standard NKV dengan level 1, dengan 3 penyimpangan minor dan 1 penyimpangan mayor berikut beberapa saran yg dapat diberikan ke sbb:

a. Sebaiknya memberikan plastik curtain pada Pintu masuk kandang

b.Meningkatkan kebersihan kandang dari sarang laba - laba.

 

c. Sebaiknya melakukan uji Laboratorium untuk melihat kualitas produk ahir

d.sebaiknya melaksanakan pengecekan kesehatan karyawan secara rutin setiap 1 thn sekali.

e. Tray telur diberikan alas dan pada gudang penyimpanan telur sebaiknya diberikan penutup agar tidak mudah terkontaminasi dan kotor.

 

3.            Pembinaan pada unit usaha tempat penampungan susu milik  KUD Semen yg berlokasi di desa Semambung kecamatan Gandusari kabupaten Blitar.

- KUD Semen  mulai beroperasi sejak tahun1981, produksi rata – rata perhari 4.400 liter dan produk susu akan dikirim ke PT. Nestle Indonesia di Pasuruan.

- KUD Semen  sudah memenuhi standard NKV dengan level 3, dengan 10 penyimpangan minor dan 7 penyimpangan mayor berikut beberapa saran yg dapat diberikan ke sbb:

a. Sebaiknya memberikan plastik curtain pada pintu masuk penyetoran susu

b. Meningkatkan kebersihan dari sarang laba - laba.

c. Memperbaiki fasilitas lantai dan dinding yang rusak

d. Sebaiknya melaksanakan uji kualitas air yang digunakan,  pengecekan kesehatan karyawan secara rutin setiap 1 thn sekali.

e. Membuat SOP Pengendalian seranngga dan rodensia serta SOP Disinfeksi dan Pembersihan.

 

 

* Tim 2 :

4.            Pembinaan pada unit usaha budidaya ayam milik  CV. Sapta sarana yg berlokasi di desa Kendalrejo kecamatan Talun kabupaten Blitar.

- CV. Sapta sarana merupakan budidaya ayam petelur openhouse dengan kapasitas 100 ribu ekor dan baru terisi 100 ribu ekor, dan melaksanakan mendistribusikan produk akhir berupa telur ke Jakarta, dan sekitarnya dengan pengiriman rata – rata perhari 5 ton.

- CV. Sapta sarana sudah memenuhi standard NKV dengan level 1, dengan 3 penyimpangan minor dan tidak ada penyimpangan mayor berikut beberapa saran yg dapat diberikan ke sbb:

a. Melakukan perbaikan kandang yang masih terbuat dari bambu

b.Menggunakan bak sampah tertutup

c.Tray telur diberikan alas dan pada gudang penyimpanan telur sebaiknya diberikan penutup agar tidak mudah terkontaminasi dan kotor.

d. Fasilitas cuci tangan diberikan petunjuk tata cara mencuci tangan pada toilet.

 

e. Melaksanakan pelatihan hygienesanitasi kekaryawan

 

5.            Pembinaan pada unit usaha pengumpul pengemas pelabelan telur konsumsi milik  CV. Sapta sarana yg berlokasi di jalan cemara kelurahan rembang kecamatan sananwetan Kota Blitar.

- Mendistribusikan produk akhir berupa telur ke Jakarta, dan sekitarnya dengan pengiriman rata – rata perhari 5 ton.

- CV. Sapta sarana sudah memenuhi standard NKV dengan level 2, dengan 4 penyimpangan minor dan 3 penyimpangan mayor berikut beberapa saran yg dapat diberikan ke sbb:

a. Melakukan perbaikan lantai yang rusak

b. Menggunakan bak sampah tertutup

c. Sebaiknya melaksanakan uji laboratorium air yang digunakan

d. Tray telur diberikan alas dan pada gudang penyimpanan telur sebaiknya diberikan penutup agar tidak mudah terkontaminasi dan kotor.

e. Melaksanakan pelatihan hygienesanitasi ke karyawan

 

6.            Pembinaan pada unit usaha pengumpul pengemas pelabelan telur konsumsi milik  UD. Sari Makmur yg berlokasi di desa Bendosaro kecamatan Kademangan Kabupaten  Blitar.

- Mendistribusikan produk ahir berupa telur ke Jakarta, dan sekitarnya dengan pengiriman rata – rata perhari 3 ton.

- UD. Sari Makmur sudah memenuhi standard NKV dengan level 1, dengan 3 penyimpangan minor dan 2 penyimpangan mayor berikut beberapa saran yg dapat diberikan ke sbb:

a.Dibuatkan fasilitas cuci tangan pada toilet

b. Melaksanakan pelatihan hygienesanitasi ke karyawan

c.  Penyimpanan alat-alat kebersihan diberi tanda/petunjuk.

Sumber: DISNAK JATIM