Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi Juru...

Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi Juru Sembelih Halal bagi Rumah Potong Hewan Ruminansia di 13 Kab/Kota di Jawa Timur

Senin, 14 Agustus 2023 | 08:37 WIB Penulis : Renzy Dibaca : 618 kali
bimtek sertifikasi 2023

Surabaya (11/8/2023) Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Kantor Wilayah Bank Indonesia Jawa Timur serta Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian menyelenggarakan Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi Juru Sembelih Halal bagi Rumah Potong Hewan Ruminansia di 13 Kab/Kota di Jawa Timur (Kab. Gresik, Kab. Sidoarjo, Kab. Bangkalan, Kab. Pamekasan, Kab. Sampang, Kab. Sumenep, kab. Mojokerto, Kota Mojekerto, Kab. Tuban, Kab. Bojonegoro, Kab. Lamongan, Kota Surabaya, Kab. Jombang).

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah jumlah Juru Sembelih Halal yang telah bersertifikat kompetensi BNSP di RPH-R milik pemerintah di beberapa Kab/Kota di Jawa Timur, sehingga target kewajiban sertifikasi halal bagi hasil sembelihan dan jasa sembelihan pada tanggal 17 oktober 2024 bisa tercapai.



Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Indyah Aryani, MM dan dihadiri juga oleh perwakilan BI kantor wilayah Jawa Timur dan Narasumber dari BBPP Batu serta perwakilan dari LSP Pertanian. Peserta kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terbagi dalam 2 batch, yaitu batch 1 pd tgl 11-13 Agustus 2023 dan batch 2 pd tgl 18-20 Agustus 2023.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur berharap Pemerintah Kab/Kota bisa segera menindaklanjuti untuk mengalokasikan anggaran agar semua RPHR di wilayah kerjanya dapat bersertifikat halal.

Sumber: Disnak Jatim