PERBEDAAN KUALITAS SEMEN ITIK MOJOSARI...

PERBEDAAN KUALITAS SEMEN ITIK MOJOSARI SETELAH PEMBERIAN 50 DAN 100 Mg TEPUNG TOMAT

Jumat, 6 Mei 2011 | 09:52 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2614 kali
No Image

    Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semen segar Itik Mojosari jantan yang berumur 8 – 12 bulan sebanyak 15 ekor dengan rata-rata bobot badan adalah 1391,5 ± 333,74 gram dengan warna bulu coklat dengan kepala dan leher berwarna hitam dan  badan tegap. Zat pakan yang ditambahkan adalah tepung tomat.

    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penambahan tepung tomat dalam pakan masing-masing sebesar 0 mg/kg pakan (P0/kontrol), 50 mg/kg pakan (P1) dan 100 mg/pakan (P2). Variabel yang diamati adalah evaluasi semen segar secara makroskopis dan mikroskopis, yang meliputi : pemeriksaan volume, warna, bau, kekentalan, pH, gerakan massa dan individu, konsentrasi, morfologi spermatozoa, viabilitas, total spermatozoa motil, total spermatozoa hidup, total spermatozoa normal. Data yang diperoleh dianalisa dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK).

    Menurut hasil penelitian yang dilakukan alumnus Universitas Brawijaya Malang yang bertempat tinggal di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri ini menunjukan bahwa penambahan tepung tomat memberikan pengaruh yang nyata (P < 0,05) terhadap konsentrasi dan persentase normalitas spermatozoa, Tetapi memberikan pengaruh yang tidak nyata (P > 0,05) terhadap motilitas individu, viabilitas, total spermatozoa motil, total spermatozoa hidup dan total spermatozoa normal.

    Peneliti juga menyarankan adanya penelitian lebih lanjut dengan memberikan dosis pemberian tepung tomat yang tepat.

 

Sumber: DISNAK JATIM