DESA NAPIS BOJONEGORO JADI KLASTER...

DESA NAPIS BOJONEGORO JADI KLASTER PETERNAKAN SAPI

Senin, 30 Juli 2012 | 13:44 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2249 kali
No Image

“Dipilihnya Napis sebagai klaster sapi potong, karena di wilayah setempat memiliki potensi sapi lokal, selain ketersediaan pakan ternak yang cukup,” kata guru besar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Prof Trinil Susilawati, di sela-sela acara penandatangan nota kesepahaman pengembangan sapi potong di Bojonegoro.

Pengembangan sapi potong di Desa Napis, kata Trinil, sebagai langkah mendorong peternak sapi di wilayah setempat, bisa mandiri. “Sebenarnya para peternak sudah memiliki kekuatan untuk mandiri, namun dengan adanya pendampingan, kekuatan mereka semakin bertambah,” ucap Trinil. Disebutkan, potensi sapi potong di desa setempat yang bisa dikembangkan dengan ketersediaan pakan yang ada bisa di wilayah setempat, mencapai 1.300 ekor sapi potong.

Sementara itu, Pemimpin BI Surabaya, Mochammad Ishak menyatakan, dipilihnya peternakan sapi potong sebagai obyek pengembangan klaster BI, tidak lepas dari upaya meningkatkan daya saing komoditas unggulan di Bojonegoro yakni sapi potong. Ia menyebutkan, populasi sapi di Bojonegoro pada tahun 2008 mencapai 117.915 ekor dan terus berkembang pada tahun 2011 menjadi 160.000 ekor. Dengan demikian, adanya kegiatan kerja sama ini, sekaligus sebagai usaha penyediaan daging sapi untuk mendukung program swasembada daging nasional pada Tahun 2014.

Sumber: DISNAK JATIM