SEBAIKNYA MEMBELI DAGING DI PASAR...

SEBAIKNYA MEMBELI DAGING DI PASAR TRADISIONAL ATAU DI PASAR MODERN ?

Selasa, 14 Agustus 2012 | 10:55 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3164 kali
No Image

Untuk sebagian ibu, akan memilih membeli bahan berupa daging di pasar tradisional dengan alasan harga lebih murah bahkan masih dapat ditawar. Untuk ibu lainnya lebih senang membeli di pasar modern seperti supermarket dan swalayan dengan alasan lebih aman dari daging glonggongan, ayam tiren maupun daging yang tidak layak konsumsi. Alasan para ibu yang memilih di pasar modern tidaklah salah, namun juga perlu pertimbangan yang lain selama akan membeli daging di pasar modern. Dan bagi yang membeli di pasar tradisional juga tidak perlu terlalu kuatir selama mengetahui daging tersebut memang layak untuk dikonsumsi.

Bagi yang akan membeli daging di pasar tradisional, perlu mengetahui  ciri daging gelonggongan yaitu :
warnanya pucat (daging yang masih baik berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan), kandungan air sangat tinggi/lebih berair/lembek, kondisinya agak rapuh sehingga tidak bisa dijadikan sejumlah produk olahan seperti bakso, biasanya harganya lebih murah.

Untuk daging bangkai, cirinya yakni pada kulit ada bercak-bercak merah dan berdarah pada bagian kepala dan leher, bagian dalam karkas berwarna kemerahan, dan berbau anyir. Selain itu, otot paha dan dada agak lembek, serabut otot berwarna agak kemerah-merahan, pembuluh darah di leher penuh dengan darah, bekas tempat pemotongan di leher rata, serta makin lama bercak warna merah berubah menjadi kebiruan.

Ciri-ciri karkas daging ayam yang diawetkan dengan formalin kulit agak peret/ kesat, lalat tidak suka hinggap pada karkas, bau formalin kadang-kadang dapat tercium dan kadang tidak tercium, penjualan biasanya dijajakan tanpa menggunakan pendingin. Adapun ciri-ciri karkas daging ayam yang disuntik dengan air/ udara postur kekar dan tegang, jika dipotong keluar air, jika digoreng seperti ’’menggoreng’’ air.

Sedangkan bagi Anda yang akan bebrbelanja di pasar modern, jangan segan bertanya kepada butcher  di counter  daging. Biasanya, informasi yang diberikan cukup membantu.Anda pun bisa meminta langsung daging dipotong sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui daging yang disembelih secara legal alias dipotong dengan tata cara pemotongan sesuai syariat Islam, biasanya ia ditandai dengan cap berwarna ungu yang berasal dari Dinas Peternakan setempat.

Jadi bila Anda ingin membeli  daging, yang terpenting bukanlah dimana Anda akan membeli produk peternakan tersebut tetapi yang lebih penting adalah mengetahui daging yang akan Anda beli dengan mengamati ciri-cirinya.

Sumber: DISNAK JATIM