PERPUTARAN EKONOMI DI PASAR HEWAN...

PERPUTARAN EKONOMI DI PASAR HEWAN KEPPO-PAMEKASAN

Kamis, 20 September 2012 | 15:21 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2284 kali
No Image

Banyaknya pedagang sapi juga dapat kita lihat pada Pasar Hewan Keppo yang berada di pusat Kabupaten Pamekasan. Meskipun jumlah pedagang di pasar hewan tersebut sangat banyak, namun tidak terlihat banyak saat sapi-sapi yang akan diperjualbelikan mulai berdatangan. Menurut petugas bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Pamekasan, F.Qorib, menyampaikan bahwa kapasitas tampung pasar hewan tersebut adalah untuk 2 ribu ekor sapi. “Namun menjelang hari idul adha, jumlah sapi tiap pasaran mencapai 3 ribu ekor” lanjutnya pada selasa (18/9).

Sapi yang diperdagangkan sebagian besar adalah sapi jantan dan sedikit sapi betina calon induk. Bila harga sapi jantan rata-rata 5 juta per ekor, maka tentu jumlah perputaran uang di pasar hewan tersebut cukup besar tiap hari pasarannya. Terlebih lagi menjelang idul adha nanti saat harga sapi jantan mengalami peningkatan berkisar 500ribu sampai 1juta tiap ekornya.

Ada hal lain yang juga menarik di pasar hewan yang hari pasarannya setiap selasa dan sabtu tersebut. Bila pasar hewan di kabupaten lain umumnya mulai ramai pada jam sembilan pagi dan mulai sepi jam 12 siang, tetapi di pasar hewan Keppo kendaraan bermuatan sapi semakin banyak berdatangan jam 12 siang. Hal ini dikarenakan transaksi di pasar hewan ini sampai jam empat sore meskipun jam tujuh pagi para peternak dan pedagang sudah ada yang datang untuk bertransaksi. (dw)

Sumber: DISNAK JATIM