TINGKATKAN PRESTASI KERJA PELAYANAN...

TINGKATKAN PRESTASI KERJA PELAYANAN KESEHATAN HEWAN MELALUI LOMBA PETUGAS BERPRESTASI PUSKESWAN

Jumat, 28 September 2012 | 15:26 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3175 kali
No Image

Peranan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit hewan menular dan peningkatan swasembada daging sapi kerbau (PSDSK) 2014 harus didukung dengan Sumber daya manusia (SDM) kesehatan hewan medik dan paramedik veteriner yang mempunyai skill dan keterampilan di lapangan. Sarana dan prasarana peralatan dan kendaraan operasional juga harus menunjang untuk kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Puskeswan sebagai unit kelembagaan terkecil di tingkat kecamatan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan hewan yang secara langsung bersinggungan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada tahun 2012 ini terpilih sebagai nominator Dokter Hewan Doni Affandi dari Puskeswan Pasirian Kabupaten Lumajang sebagai petugas medik veteriner Puskeswan tingkat Nasional dan Mislan petugas berprestasi paramedik veteriner Puskeswan Jiwan Kabupaten Madiun. Melalui ajang kompetisi lomba petugas medik dan paramedik veteriner Puskeswan berprestasi diharapkan dapat memacu kinerja untuk lebih berprestasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Drh Doni Affandi terpilih sebagai petugas berprestasi puskeswan tingkat Provinsi tahun 2011 sehingga dan pada tahun 2012 terpilih menjadi salah satu nominator tingkat Nasional.Salah satu poin yang diunggulkan oleh Puskeswan Pasirian adalah melakukan penelitian PH tanah di wilayah Pasirian untuk membuktikan adanya fakta bahwa selama ini banyak terjadi gannguan reproduksi pada sapi- sapi di Pasirian, dan setelah dilakukan pengujian ternyata memang ditemukan PH tanah asam yang mengakibatkan rendahnya penyerapan calsium sebagai unsur mineral yang sangat dibutuhkan ternak. Permasalahan tersebut dipecahkan melalui pemberian tambahan mineral pada pakan ternak.

Sementara itu, dihadapan tim Juri dari jakarta yang diketuai drh Ana Sulistri, Mislan sebagai paramedik veteriner Puskeswan Jiwan memberikan paparan mengenai tugas fungsinya di Puskeswan selaku dibawah penyeliaan dokter hewan. Sinergisme antara dokter hewan dan paramedik tak bisa dipisahkan terkait banyaknya pelayananan  kesehatan hewan yang harus diberikan kepada masyarakat.

Sumber: DISNAK JATIM