GEBYAR PRODUK PETERNAKAN DAN KONTES...

GEBYAR PRODUK PETERNAKAN DAN KONTES TERNAK BUPATI MALANG CUP 2012

Selasa, 16 Oktober 2012 | 12:35 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 1967 kali
No Image

Beberapa jenis ternak yang ikut meramaikan pameran tersebut antara lain adalah domba garut, domba ekor gemuk, ayam ketawa serta berbagai jenis kelinci. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Ir.Sudjono MP, mengungkapkan bahwa potensi peternakan di pelosok-pelosok desa sangatlah besar sehingga secara periodik Pemerintah Kabupaten Malang berusaha tetap menyelenggarakan kontes ternak dan pameran produk peternakan. “Selain sebagai sarana bertemunya stake holder peternakan, acara ini juga untuk memotivasi dan memberi semangat pada para peternak  serta sebagai sarana berbagi informasi tentang tehnologi peternakan”, lanjutnya.

Menurut Sekretaris Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Drh.Irawan Subiyanto MSi, Kabupaten malang merupakan penyedia protein hewani bukan hanya untuk masyarakat di wilayah tersebut namun juga untuk kabupaten bahkan provinsi lainnya. Aplikasi tehnologi Inseminasi Buatan (IB) telah berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari ternak hasil IB yang diikutkan dalam kontes tersebut sehingga semakin memotivasi peternak lainnya dalam penerapan tehnologi di bidang peternakan.

Pelaksanaan even menjelang hari raya Idul Adha tersebut dinilai beberapa kalangan sangatlah tepat. Disamping sebagai sarana berbagi informasi, panitia penyelenggara juga menyediakan stan untuk penjualan hewan qurban. Hal ini diamini Bupati Malang, H. Rendra Kresna saat menyampaikan sambutannya. Disampaikan pula dengan adanya kontes tersebut dapat lebih menggairahkan peternak dalam meningkatkan ternaknya bukan hanya dalam segi kuantitas namun juga kualitasnya.

Tahun ini, kontes dan pameran diselenggarakan pada tanggal 13 – 15 Oktober atau sebelum hari raya Idul Adha, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasa diselenggarakan setelahnya. Setidaknya terdapat lebih dari seratus sapi yang didatangkan oleh peternak untuk mengikuti kontes. Dan yang menjadi perhatian lebih adalah sapi milik Imam buhori saat ditimbang memiliki bobot badan 1,25 ton sehingga menjadi juara pertama dalam kategori  jantan ekstrim. Yang menarik adalah dalam kategori tersebut, ketiga sapi yang juara memiliki bobot badan lebih dari satu ton.

Berikut adalah hasil kontes ternak yang diumumkan oleh panitia pada hari Senin (15/10) :

KATEGORI LOMBA

URUTAN JUARA

NAMA PEMILIK

ALAMAT

 

 

 

 

Jantan Ekstrim

Sapi Potong

I

II

II

Imam Buhori

Mardiono

Slamet BS

Srimulyo, Dampit

Kalipare

Kedung Pendaringan, Kepanjen

 

Calon Induk

Sapi Potong

I

II

II

Sunariyanto

Senawan

Sudarno

Tawangrejeni, Turen

Malangsuko, Tumpang

Sambigede, Sumberpucung

 

Induk

Sapi Potong

I

II

II

Wasihid

Mariyono

Tutut Arika

Wajak

Singosari

Kedung Pendaringan, Kepanjen

 

Bakalan Kereman

Sapi Potong

I

II

II

H.Kosim

Khoirul Aqib

Edi Wicaksono

Arjowilangun, Kalipare

Arjowilangun, Kalipare

Arjowilangun, Kalipare

 

Calon Induk

Sapi Perah

I

II

II

Sumaat

Bambang Irawan

Mujianto

Duwet, Tumpang

Purworejo, Donomulyo

Tempursari, Donomulyo

Sumber: DISNAK JATIM