HASILKAN DAGING YANG BERKUALITAS DENGAN...

HASILKAN DAGING YANG BERKUALITAS DENGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PETUGAS BUTCHER

Selasa, 30 Oktober 2012 | 15:34 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3279 kali
No Image

Mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan istilah petugas butcher. Secara gampang, petugas butcher adalah juru potong daging. Namun saat ini juru potong daging tersebut belum banyak yang melakukan pemotongan sesuai dengan bagian dan kwalitas.

Melihat kondisi tersebut, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur melakukan fasilitasi berupa Pelatihan Butchering Kesehatan Masyarakat Veteriner. Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 23-24 Oktober tersebut diikuti oleh petugas butcher RPH kabupaten/kota di Jawa Timur.

Menurut panitia penyelenggara, pelatihan yang dilaksanakan di Surabaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan  dan ketrampilan kepada calon petugas butcher serta menghasilkan  potongan daging yang berkwalitas sehingga berdaya saing tinggi. Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Ir. Maskur MM bahwa dengan proses pemotongan daging yang sesuai dengan bagian dan kwalitas akan menghasilkan daging yang berdaya saing, higienis dan dapat memenuhi kebutuhan usaha Hotel, Restoran dan Katering  dari Rumah Potong Hewan ( RPH ).

Di beberapa daerah Kabupaten / kota di Jawa Timur dinilai sangat  kurang Petugas Butcher  yang memadai dan bersertifikat , dikarenakan banyak petugas  butcher yang sudah purna tugas. Selain  materi diisi oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan  perguruan tinggi, juga dilibatkan pelaku usaha daging  sehingga akan diperoleh petugas butcher  bersertifikat  dan sesuai yang diharapkan.  (dw)

Sumber: DISNAK JATIM