Disnak hadir di Pekan Informasi 2009

Disnak hadir di Pekan Informasi 2009

Jumat, 5 Juni 2009 | 10:53 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2785 kali
No Image

Pekan Informasi 2009 ini dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Prof Dr M Nuh. Dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan kekuatan budaya adalah simbol kekuatan bangsa. Karena dengan mengenal nilai budayanya, maka bangsa bisa menjadi besar dan berkembang. ”Jika diambil dari definisi jenerik-nya, maka budaya adalah cipta, karsa, rasa, dan karya. Empat unsur inilah yang ada dalam nilai budaya,” papar M. Nuh didepan hadirin yang memenuhi Gedung Olahraga (GOR) Ken Arok Kota Malang, Sabtu (30/5).

standLebih lanjut M. Nuh mengatakan alam kehidupan, unsur budaya pasti ada dan sangat berperan dalam merubah sesuatu menjadi lebih menarik. ”Dalam berkesenian budaya, bisa mempengaruhi perubahan apakah itu kesenian tradisional maupun modern,”. "melestarikan dan menjaga nilai budaya menjadi sangat penting karena budaya bisa menjadi cermin bangsa Indonesia di mata dunia. ”Bangsa kita mempunyai ragam kebudayaan yang bisa menjadikan bangsa ini menjadi besar, karena itu kita harus terus melestarikannya,” ujarnya. Ia mencatat ada empat peran yang bisa dimainkan oleh produk budaya, yaitu peran untuk mengenalkan nilai, sarana komunikasi baik yang bersifat interaktif atau yang tidak langsung, peran atau fungsi produk budaya ketika menjadi hiburan, dan budaya bisa memperkuat ekonomi kreatif. ”Dengan budaya kita dapat meningkatkan ekonomi dan industri yang berbasis pada kreatifitas,” terangnya.

Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) telah dirintis sejak 2006. Dari tahun ke tahun, tentunya terdapat target untuk pengembangan KIM yang kian memasyarakat. Untuk itu, pada tahun 2009 ini ditargetkan pemberdayaan KIM di Jatim yang lebih berkualitas.

Sumber: DISNAK JATIM