PEMILIK HEWAN PELIHARAAN DIUNTUNGKAN...

PEMILIK HEWAN PELIHARAAN DIUNTUNGKAN DENGAN SEMAKIN BANYAKNYA JASA PENITIPAN HEWAN SELAMA MUDIK LEBARAN

Rabu, 31 Juli 2013 | 22:45 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 8666 kali
SUDAH BANYAK JASA PENITIPAN HEWAN PELIHARAAN SELAMA MUDIK LEBARAN 2

Menjelang libur hari raya seperti sekarang ini beberapa jasa penitipan hewan mulai diburu konsumen. Saat mulai mudik lebaran, pemilik hewan peliharaan jarang yang membawa serta hewan kesayangannya sehingga hewan tersebut akan dititipkan pada tempat penitipan hewan. Dipilihnyatempat penitipan itu untuk  menitipkan hewan kesayangnnya karena pemilik merasa aman dengan menitipkan hewan piaraanya,saat ditinggal mudik lebaran.

Kenaikan jumlah hewan juga  mulai dirasakan di Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan provinsi Jawa Timur (RSH Disnak Jatim). Saat ini (31/7) sudah terdapat 6 ekor kucing yang sudah dititipkan. Menurut Bahana Siregar, dititipkannya hewan tersebut karena pemiliknya sudah terlebih dahulu meninggalkan Kota Surabaya untuk mudik. “Daya tampung hewan yang dititipkan di tempat ini adalah 80 ekor”, Ujar pengurus Rumah Sakit Hewan tersebut. “Meskipun demikian, pada puncak hari raya kandang sudah terisi penuh.” lanjutnya.

Berbagai fasilitas ditawarkan oleh RSH sehingga para pemilik memilih tempat tersebut dalam menitipkan hewan peliharaannnya. Selain tiap harinya dijaga olah dokter hewan berpengalaman, selama 24 jam  dalam sehari, hewan juga dijaga oleh paramedis.  Selain itu juga disediakan makanan berkualitas yang diberikan dua kali sehari selama dititipkan. Bahkan terdapat ruangan khusus dengan fasilitas AC bagi hewan yang ingin diperlakukan khusus. Kucing dan anjing yang dititipkan dapat dilakukan grooming agar saat kembali ke rumah, hewan peliharaan tersebut lebih bersih daripada sebelum dititipkan.

Untuk menitipkan peliharaan di RSH Disnak Jatim, ada beberapa persyaratan. Kucing dan anjing yang akan dititipkan harus dalam kondisi sehat dan sudah divaksin. Namun para pemilik tidak perlu terlalu kawatir apakah hewan peliharaannya tersebut bisa atau tidak dititipkan, sebab sebelumnya akan dilakukan pengecekan kesehatan ternak.



Mengenai biaya penitipan, harga untuk kucing lebih murah daripada anjing. Anak kucing biasanya dikenakan biaya perawatan 20 – 25 ribu rupiah / hari sedangkan biaya perawatan kucing dewasa  sebesar 30 ribu rupiah / hari. Khusus untuk anjing, biaya perawatannya disesuaikan dengan bobot hewan tersebut. Untuk anjing dengan bobot dibawah 3 kg biaya perawatannya 30 – 35 ribu rupiah / hari. Anjing dengan berat 3 – 5 kg biaya perawatannya 45 ribu rupiah / hari. Dan untuk anjing dengan berat 6 – 10 kg biaya perawatannya adalah 55 ribu rupiah / hari.

Selain memberikan jasa perawatan dan penitipan hewan pemeliharaan, RSH Disnak Jatim juga menyediakan makanan anjing dan kucing dengan berbagai merk. Selain itu juga tersedia peralatan dan perlengkapan mulai dari tempat hewan (sangkar) sampai dengan asesoris untuk hewan. Pelayanannya pun saat ini semakin diperluas yaitu dengan memberikan konsultasi kesehatan dan perawatan hewan kesayangan secara online di alamat http://disnak.jatimprov.go.id/web/index.php/layananpublik/klinikonline  (dw)

Sumber: DISNAK JATIM