KABUPATEN TUBAN SARING BIBIT TERNAK...

KABUPATEN TUBAN SARING BIBIT TERNAK UNGGUL MELALUI KONTES TERNAK

Jumat, 23 Mei 2014 | 08:48 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2613 kali
kontes tuban 2014

Dalam upaya untuk terus merangsang dan memotivasi para peternak sapi, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pertanian Tuban menggelar kontes ternak. Kontes ternak ini diikuti oleh ratusan peserta baik perorangan maupun kelompok. Selain itu, kegiatan yang berlangsung pada 21 dan 22 Mei 2014 ini bertujuan untuk  meningkatkan semangat dan gairah masyarakat Kabupaten Tuban dalam mengembangkan usaha peternakan dan sebagai sarana untuk mengukur kemajuan dan perkembangan pelaksanaan budidaya peternakan.

Menurut PLT Kepala Dinas Pertanian Tuban, Dra. Mustarikah MM, pada kontes ternak tahun 2013 yang lalu, perwakilan Kabupaten Tuban telah berhasil menyaring bibit-bibit sapi unggul sehingga menuai prestasi di ajang kontes ternak tingkat Provinsi. Dengan memboyong 8 piala penghargaan tahun lalu, diharapkan pada tahun ini prestasi itu bisa di pertahankan melalui kontes ternak tersebut.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertempat di pasar hewan Tuban kelurahan Kedung Ombo Semanding Tuban. Kontes ternak ini memperebutkan berbagai hadiah yaitu uang tunai dan trophy penghargaan dari Bupati Tuban serta sebagai juara berhak mengikuti ke ajang kontes ternak tingkat propinsi Jatim yang akan digelar oleh pemerintah Jatim mendatang. Oleh karena itu Kontes ternak ini di ikuti oleh peternak   bermutu baik perwakilan seluruh Kecamatan di Kabupaten Tuban yaitu sebanyak 137 ekor sapi dan 31 ekor kambing.  Kategori yang dilombakan antara lain Sapi Peranakan Ongole (OP), Sapi persilangan hasil (IB), dan kambing peranakan Ettawa (PE).

Selain Bupati Tuban dan jajarannya, turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Perwakilan Dinas pertenakan Provinsi Jawa timur, Forpimda Kabupaten Tuban, Kepala SKPD, Camat Se Kabupaten Tuban beserta Perangkatnya, Perbankan Perguruan Tinggi, dan  Pelaku Usaha. Pada kegiatan kontes ternak ini, juga menampilkan pameran ternak (sapi Kereman ) dengan bobot ekstrim serta kambing peranakan Ettawa.

Pada sambutnya, Bupati Tuban, H.Fathul Huda berharap kepada masyarakat melalui kegiatan kontes ternak ini di harapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan budidaya peternakan sebagai usaha agribisnis yang patut di perhitungkan dan bukan hanya sebagai usaha sampingan. Acara di lanjutkan dengan pengumuman Pemenangang kontes ternak yang kali ini juara umum di raih oleh Kecamatan Palang dengan meraih 2 Emas,3 perak dan 1 Perunggu.

Sumber: DISNAK JATIM