PELATIHAN BIDANG PETERNAKAN BAGI...

PELATIHAN BIDANG PETERNAKAN BAGI PENGHUNI LAPAS MALANG

Rabu, 23 November 2016 | 12:59 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 2302 kali
pelatihan lapas


Menindaklanjuti surat perjanjian kerjasama antara Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Malang mengenai Manajemen Peternakan Sapi, digelar Pelatihan Singkat  Bidang Peternakan. Kegiatan dibuka oleh Krismono, Bc.IP, SH, selaku Kepala Lapas Malang pada Rabu (16/11/2016). Bertempat di Aula Lapas Malang, turut hadir pula Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Ir. Sudjono, MP, Dekan Fapet UB Prof.Dr.Sc.Agr.Ir. Suyadi, MS, serta dosen Fapet UB yang akan mengisi materi pelatihan. Pelatihan di bidang peternakan ini merupakan program Pemerintah Pusat Kementrian HAM, untuk mendukung kegiatan tersebut lapas menyediakan lahan seluas 20 Ha yang terletak di Desa Ngajum.

Pada kesempatan tersebut Kadis Peternakan Kab. Malang memaparkan bahwa sebagai insan peternakan, beliau sangat bersemangat karena ini pertama kalinya bentuk kerjasama dengan memberikan pelatihan di bidang peternakan bagi penghuni lapas. Harapannya mereka memiliki skill di bidang peternakan agar ketika masa hukuman berakhir memiliki keahlian dan dapat diterima lagi oleh masyarakat. Serta kedepannya tercipta agro peternakan dan pertanian. Sudjono juga menambahkan bahwa Dispet akan menyediakan bantuan fasilitas seperti bibit ternak.

Sementara itu Dekan Fapet pun menyambut program kerjasama ini dengan berbahagia. Menurutnya menekuni bisnis peternakan merupakan ide cemerlang karena sektor peternakan di Indonesia belum mampu mencukupi kebutuhan pasar sehingga terbuka peluang yang sangat lebar. Sebagai instansi peternakan Fapet memiliki banyak tenaga ahli dari produksi ternak hingga pengolahan hasil ternak yang bersedia membagikan ilmunya. Oleh karena itu Suyadi berharap kerjasama dilaksanakan secara continue sehingga hasilnya bisa dirasakan.

Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan pemaparan materi oleh Dr.Ir. Hary Nugroho, MS dan Dr.Ir. Kuswati, MS, keduanya merupakan dosen bagian produksi ternak spesialis sapi potong. Mereka mengusung beberapa materi seperti jenis-jenis sapi, penyakit dan penanggulanggannya, penanganan kesehatan pedet, memilih calon induk sapi potong, dan perkandangan. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta narapidana yang telah menjalani 1/3 masa hukuman. Selama penyampaian materi, peserta terlihat antusias dan aktif bertanya. Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari dimana dua hari teori dan hari terakhir praktek lapangan di peternakan Desa Ngajum pada Jumat (18/11/2016). (dta)

 

Sumber: Fapet UB