CARA MEMELIHARA SAPI ORGANIK

CARA MEMELIHARA SAPI ORGANIK

Rabu, 20 April 2011 | 14:21 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3980 kali
Digital Pustaka 2

    Peternakan sapi dapat kita jumpai disebagian besar wilayah Indonesia. Peningkatan usaha peternakan sapi sebaiknya diarahkan agar meminimalkan penggunaan unsur-unsur kimiawi. Peningkatan usaha peternakan sapi perlu diarahkan ke peternakan organik. selain lebih aman bagi kesehatan, peternakan organik juga mampu meningkatakan pemakaian sumber daya alami lokal. Jadi, peternakan organik dapat menjadi usaha yang memberi manfaat ganda bagi masyarakat Indonesia.

   Buku ini memberikan motivasi para peternak dan calon peternak agar lebih serius menangani peternakan organik. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman lapangan penyusun buku ini sebagai dokter hewan.  Buku ini membahas: tujuan dan cara memelihara sapi, yang mencakup pengadaan bibit, pengembangbiakan, dan penyediaan pakan. Cara meningkatkan produksi untuk menghasilkan  daging dan susu juga dibahas, perdagangan sapi hingga penyakitnya.

    Pengguna buku ini: (I) Siswa dan guru SMK bidang Pertanian, (2) mahasiswa D3 atau S1 fakultas peternakan, kedokteran hewan, pertanian, dan teknologi pertanian, (3) petugas penyuluh lapangan (PPL), (4) perorangan atau keluarga yang berminta beternak sapi, (5) perpustakaan sekolah, desa, dan pemda, (6) pemerhati masalah peternakan dan pertanian.

Sumber: DISNAK JATIM