CARA MEMELIHARAN DOMBA DAN KAMBING...

CARA MEMELIHARAN DOMBA DAN KAMBING ORGANIK

Rabu, 20 April 2011 | 14:23 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 5511 kali
Digital Pustaka 3

   Peningkatan usaha peternakan domba dan kambing sebaiknya diarahkan agar meminimalkan penggunaan unsur-unsur kimiawi. Peningkatan usaha peternakan domba dan kambing perlu diarahkan ke peternakan organik. Selain lebih aman bagi kesehatan, peternakan organik juga mampu meningkatkan pemakaian sumber daya alami lokal. Jadi, peternakan organik dapat menjadi usaha yang memberi manfaat ganda bagi masyarakat Indonesia.

   Buku ini membantu petani melakukan peningkatan perluasan produk yang dihasilkan dari peternakan kambing atau domba. Buku ini membahas: cara memelihara domba dan kambing, yang mencakup pengadaan bibit, pengembangbiakan, perkawinan, pemeliharaan cempe ( anak kambing atau domba ), pembuatan kandang, dan penyediaan pakan. Cara meningkatkan produksi juga dibahas, yang mencakup penggunaan bibit yang baik, kawin suntik, pakan yang baik, dan mengebiri. Penyakit pada kambing dan domba dibahas pada buku ini. Juga dibahas, produk dari kambing atau domba.

   Pengguna buku ini: (I) Siswa dan guru SMK bidang Pertanian, (2) mahasiswa D3 atau S1 fakultas peternakan, kedokteran hewan, pertanian, dan teknologi pertanian, (3) petugas penyuluh lapangan (PPL), (4) perorangan atau keluarga yang berminta beternak kambing atau domba, (5) perpustakaan sekolah, desa, dan pemda, (6) pemerhati masalah peternakan dan pertanian.

Sumber: DISNAK JATIM