PENANGANAN PASCA PANEN PRODUK PETERNAKAN

PENANGANAN PASCA PANEN PRODUK PETERNAKAN

Kamis, 21 April 2011 | 08:41 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 10458 kali
Digital Pustaka 12

   Mengingat produk hasil peternakan memiliki sifat dan karakteristik yang sangat peka terhadap kerusakan akibat kontaminasi, maka diperlukan prioritas perhatian dalam penanganannya, agar produk peternakan yang dihasilkan tetap dapat dijamin keamanan (safety) dan kelayakannya baik untuk dikonsumsi maupun sebagai bahan baku bagi produk olahannya. Oleh karena itu perlu diberikan informasi tentang penanganan pasca panen yang baik dan benar (good handling practices) bagi produk ternak.

   Buku pedoman yang telah disusun ini berisi prinsip-prinsip umum penanganan pasca panen peternakan yang dapat dijadikan pedoman dalam penerapanya. Dalam pedoman ini juga dilampirkan beberapa ketentuan dan peraturan yang terkait dengan kegiatan penanganan pasca panen peternakan.

   Buku ini disusun dengan maksud untuk memberikan gambaran secara umum terhadap Penanganan Pasca Panen Produk Peternakan yang meliputi produk daging, susu, dan telur. Diharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi dalam menyiapkan panduan bagi penerapan penanganan pasca panen produk peternakan yang baik dan benar, sekaligus untuk menambah informasi dan membuka wawasan pelaku usaha di bidang pasca panen peternakan, sehingga mampu memperoleh hasil yang lebih baik dengan menggunakan sarana dan teknologi yang tepat guna.

Sumber: DISNAK JATIM