Teropong ..... ”LESTARI AYAMKU,...

Teropong ..... ”LESTARI AYAMKU, MENGALIR REJEKIKU” KELOMPOK PETERNAK AYAM BURAS PADANG PASIR MAGETAN

Rabu, 6 Juli 2011 | 10:51 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3140 kali
No Image

Kelompok Peternak Ayam Buras yang berada di Desa Kiringan, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan ini memiliki motto ”Lestari Ayamku, Mengalir Rejekiku”.Motto ini memuat pesan moral diantaranya perlunya peningkatan kualitas budaya kerja bagi petani ternak dalam mengembangkan usaha ternak ayam buras benar-benar dapat diandalkan dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat peternak pada umumnya. Berbekal pengalaman mulai menjadi petani, pekerja serabutan hingga menjadi peternak ayam ras, para penggagas berdirinya kelompok ternak ini akhinya menemukan pola yang dianggap cukup tepat dalam beternak. Pemilihan beternak ayam buras atau ayam kampung bukan suatu yang kebetulan, namun setelah melewati berbagai macam cobaan. Diantaranya, saat ayam ras yang rawan penyakit dan harga yang kurang stabil dan tidak lagi menjanjikan, saat itulah pilihan jatuh kepada ayam buras yang dipandang lebih kuat dengan harga yang lebih stabil.
 
 
Berbekal pengalaman yang teruji Kelompok Peternak Ayam Buras Padang Pasir mulai berkembang dengan tidak hanya semata memikirkan soal produksi ternak melainkan mulai menggarap sektor hulu hingga hilir. Jenis usaha yang dilakukan adalah membagi anggota kelompok menjadi beberapa jenis usaha, diantaranya usaha penetasan, usaha pembesaran ,usaha produksi telur dan usaha pengolahan hasil. Pengembangan lainnya adalah mulai menyediakan pakan, obat-obatan, bibit, mesin penetas hingga penganeka-ragaman produksi pasca panen seperti olahan kripik usus, cakar ayam serta depot makan milik kelompok yang menyajikan ayam panggang dan ayam goreng. Disamping itu manajemen administrasi dan keuangan terus dibenahi dengan mengoptimalkan kinerja pengurus dan anggota. Kini mulai dirasakan upaya kelompok ternak ini secara simultan menciptakan peluang usaha yang lebih luas bagi warga sekitar.

Kelompok yang didirikan pada 8 Maret 2002 ini sekarang sudah memiliki anggota sebanyak 40 Orang dengan rata-rata kepemilikan 1000 Ekor per orang. Dalam usaha kegiatan Kelompok Peternak Ayam Buras Padang Pasir yang diketuai oleh H. Murdjianto ini  membuahkan hasil berupa berbagai penghargaan dan pengukuhan atas usaha dan dedikasinya antara lain menjadi Juara I Lomba Agribis Peternakan tingkat Kabupaten Magetan. Dalam rentang waktu tiga tahun tersebut kelompok tani ternak yang berdomisili di Desa Kiringan ini menjadi jujukan kalangan peternak, peneliti dan kalangan pemerintah dari luar Magetan dengan tujuan studi banding. Pada tahun 2008 lalu keberadaan kelompok ini mendapat predikat Juara I Lomba Peningkatan Prestasi kelompok Tani Ternak Ayam Buras Tingkat Provinsi Jawa Timur sekaligus berhak mewakili provinsi Jawa Timur dalam Lomba Agribis Peternakan Tingkat Nasional tahun 2009.

Sumber: DISNAK JATIM