BANGKALAN MENGAWALI KARAPAN SAPI TANPA...

BANGKALAN MENGAWALI KARAPAN SAPI TANPA KEKERASAN

Senin, 22 Oktober 2012 | 10:17 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 1561 kali
No Image

Festival karapan sapi yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf ini diikuti sebanyak 24 pasang sapi yang telah lolos seleksi.  "Karapan sapi di Bangkalan ini merupakan awal dalam pelaksanaan karapan sapi tanpa kekerasan” terang Wagub yang akrab dipanggil Gus Ipul tersebut. Kerapan sapi tanpa kekerasan merupakan instruksi dari Gubernur Jawa Timur yang didukung oleh surat edaran Bupati berdasarkan masukan dari para penyayang binatang dan para ulama.

Pada even kali ini, pemilik sapi Gagak Rimang keluar menjadi juara. Diakuinya bahwa dalam mempersiapkan sapi kerab tanpa kekerasan lebih membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan kekuatan berlari sapi serta pengaturan irama berlari merupakan kunci utama karapan sapi tanpa kekerasan.  Meski demikian, laju sapi tidak kalah cepat dibanding dengan karapan sapi biasanya.

Meskipun tanpa menggunakan kekerasan, Festival karapan ini tidak sedikitpun mengurangi nilai budaya karapan sapi yang tetap menjadi kebanggan warga empat kabupaten yang ada di Madura dan kabupaten diluar Pulau Madura.

Sumber: DISNAK JATIM