HARI PANGAN SEDUNIA 2013

HARI PANGAN SEDUNIA 2013

Selasa, 23 Juli 2013 | 19:37 WIB Penulis : Web Admin Dibaca : 3923 kali
Hari Pangan Sedunia 2013

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) dimulai sejak Food and Agriculture Organization (FAO) menetapkan World Food Day melalui Resolusi PBB No. 1/1979 di Roma Italia, dimana dipilih tanggal 16 Oktober yang bertepatan dengan terbentuknya FAO. Sejak saat itu disepakati bahwa mulai tahun 1981, seluruh negara anggota FAO termasuk Indonesia memperingati HPS secara Nasional pada setiap tahun.

Penyelenggaraan HPS di Indonesia dijadikan momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. Rangkaian kegiatan peringatan HPS tersebut diharapkan dapat menstimulasi peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap penyediaan pangan, melalui berbagai kegiatan seperti seminar, pengabdian masyarakat, gelar pengembangan teknologi, perlombaan dan tour diplomatik bagi para Kedubes negara luar negeri bagi Indonesia.

Peningkatan jumlah penduduk, konversi lahan untuk pemukiman dan industri, perubahan iklim menjadi tantangan bagi pengembangan sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan. Namun demikian peningkatan ketersediaan pangan melalui sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan, harus tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem dan ramah lingkungan serta tidak mengancam keanekaragaman hayati.

Disamping itu ketahanan pangan nasional suatu negara berbasis sumberdaya lokal juga menghadapi tantangan di era globalisasi dan perdagangan bebas, dimana produk pangan impor membanjiri pasar konsumen. Apabila hal ini dibiarkan maka kerawanan pangan akan menjadi lebih rentan, bukan hanya diakibatkan oleh bencana alam namun juga faktor lainnya seperti inflasi dan kenaikan harga produk pangan impor yang tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan dan daya beli masyarakat dalam negeri. Oleh karena itu optimalisasi sumber daya lokal sangat diperlukan untuk mencapai kemandirian pangan.

Kerjasama dan sinergitas diantara berbagai stakeholder sangat diperlukan, dalam peningkatan produksi pangan yang bergizi dan berkelanjutan, untuk pemenuhan pangan secara nasional, yang pada akhirnya juga dapat berkontribusi terhadap pemenuhan pangan dunia.

Event's Title

:

Hari Pangan Sedunia 2013

Event's Date

:

October 24 - 27, 2013

Event's Time

:

10.00 - 20.00 WIB

Event's Theme

:

TEMA INTERNASIONAL
FAO telah menetapkan tema peringatan HPS ke-33 Tahun 2013 adalah "Sustainable Food Systems for Food Security and Nutrition" yang artinya "Sistem Pangan Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan dan Gizi". Penetapan tema internasional oleh FAO tersebut dimaksudkan untuk memberikan arahan terhadap peringatan HPS dan membantu meningkatkan pemahaman tentang masalah dan solusi dalam memerangi kelaparan.

TEMA NASIONAL
Selaras dengan tema internasional HPS tersebut telah ditetapkan tema nasional HPS ke-33 Tahun 2013, yakni "Optimalisasi Sumber Daya Lokal Menuju Kemandirian Pangan". Tema tersebut dipilih dengan pertimbangan sebagai berikut:
Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam sebagai sumber pangan lokal yang memiliki nilai gizi tinggi.
Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang senantiasa harus dipenuhi dan ketersediaan pangan dalam suatu bangsa merupakan suatu keharusan agar bangsa tersebut dapat mandiri.
Fluktuasi harga pangan dunia akibat perubahan iklim dan berbagai tantangan produksi pangan dunia perlu disikapi dengan mengoptimalkan sumber daya pangan lokal untuk kemandirian pangan

Event's Venue

:

Minangkabau International Convention Center
Jl. By Pass KM. 16 (Samping Gedung TVRI)
Padang - Sumatera Barat

Product's Exhibit

:

Program-program pengelolaan serta perkembangan dunia pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan.
Inovasi produk dan jasa pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan yang memaksimalkan sumber daya, memanfaatkan alam bebas, menekankan peningkatan efisiensi dalam penggunaan air, energi, kelestarian lingkungan, serta keseimbangan ekologi.
Peran perusahaan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kemandirian petani.
Komoditas pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan unggulan.
Teknologi peralatan/mesin pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan.
Brand image/nama/merek produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
Agro produk.

Hosted by

:

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Sumber: DISNAK JATIM